ANALISIS LAJU PERTUMBUHAN PAJAK RESTORAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN PONOROGO

Ika Farida Ulfah

Abstract


Pajak Restoran merupakan salah satu jenis pajak daerah. Semakin berkembangnya Kabupaten Ponorogo menjadi peluang bagi para pengusaha untuk menyediakan layanan restoran. Hal tersebut menjadi salah satu sumber pendapatan bagi Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menganalisis laju pertumbuhan pajak restoran dari tahun 2011 sampai tahun 2015 serta untuk mengetahui kontribusinya terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Ponorogo. Penelitian dilaksanakan di Kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (DPPKBMD) Kabupaten Ponorogo. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa laju pertumbuhan pajak restoran mengalami penurunan pada tahun 2012 dari tahun sebelumnya. Sedangkan pada tahun 2013 mulai mengalami peningkatan dan diikuti pula peningkatan kembali pada tahun 2014 hingga tahun 2015. Hasil perhitungan kontribusi pajak restoran dapat dikategorikan sangat kurang karena prosentasenya kurang dari 10% dengan nilai rata-rata per tahun sebesar 1,32%.


Keywords


pajak restoran, pajak hotel, pendapatan asli daerah, laju pertumbuhan pajak, kontribusi

Full Text:

PDF

References


Adelina, Rima. 2012. Analisis Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Terhadap Pendapatan Daerah di Kabupaten Gresik. Jurnal Akuntansi Unesa. Universitas Negeri Surabaya.

http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_akuntansi/article/view/752. Diakses tanggal 20 April 2016.Vol. III No. 2.

Ahman, Eeng dan Epi Indriani. 2013. Ekonomi dan Akuntansi: Membina Kompetensi Akuntansi. Jakarta: Grafindo.

Halim, Abdul. 2004. Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah. Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Handoko P.,Sri. 2013. Analisis Tingkat Efektivitas Pajak Daerah Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Pontianak.Jurnal Ilmiah Program Magister Ilmu Ekonomi Universitas Tanjungpura.

Kamus Besar Indonesia. 2008. Edisi Keempat. Departemen Pendidikan Nasional. Balai Pustaka. Jakarta.

Kresnandra dan Erawati. 2013. Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Tingkat Pengangguran Dengan Belanja Modal Sebagai Variabel Pemoderasi . E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayan Vol.5 No. 3 ISSN:2302-8506.

Mardiasmo. 2013. Perpajakan. Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta.

Mustoffa, Ardyan Firdausi; (2015). Faktor-Faktor Karakteristik Pemerintah Daerah Yang Mempengaruhi Belanja Operasi (Studi pada Kab. dan Kota di Provinsi Jawa Tengah). Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015.

Rudiansyah, Mohammad. Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap PAD dan APBD guna mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah (Studi Kasus Pemerintah Daerah Kota Bogor. Jurnal Makara Sosial Humainora Vol. 7 No. 2 Desember 2003.

Siahaan, Marihot. 2010. Pajak Daerah dan Retribusi daerah. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah.

Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32486/aksi.v2i2.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal AKSI (Akuntansi dan Sistem Informasi) http://journal.pnm.ac.id/index.php/aksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

web
counter View My Stats