Pemanfaatan Digital Marketing Menggunakan Website dan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran Produk (Remaja Muslim Kelurahan Wuryorejo Kabupaten Wonogiri)

Authors

  • Herliyani Hasanah
  • Sufia Widi K.
  • Muh. Ali Mashar
  • Farid Darmaji

Abstract

Digital marketing merupakan kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Digital marketing yang biasanya terdiri dari pemasaran interaktif dan terpadu memudahkan interaksi antara produsen, perantara pasar, dan calon konsumen. Para wirausaha muda ini diharapkan dapat menjadi agent of change dalam memasarkan produk usahanya.

Remaja muslim di Kelurahan Wuryorejo, Kabupaten Wonogiri sebagian besar adalah siswa SMA dan ada beberapa yang baru di bangku kuliah. Saat ini mereka sudah memulai untuk berwirausaha. Namun hanya beberapa yang memanfaatkan digital marketing, dan itu sebatas mengupload produk tanpa ada teknik digital marketing untuk meningkatkan omset hasil penjualan.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini akan mengenalkan cara pemasaran dengan menggunakan internet (digital marketing) kepada remaja muslim di Kelurahan Wuryorejo sebagai mitra. Adapun digital marketing yang akan dikenalkan dan dilatih dalam kegiatan PKM ini adalah pemasaran dengan menggunakan website serta memanfaatkan jejaring sosial. Website yang dibuat dalam pelatihan ini adalah website yang dibangun dengan online yaitu memanfaatkan Blog serta website yang dibangun secara offline. Pelatihan ini dilakukan secara berkala dan disertai praktek langsung agar para peserta lebih mudah mengerti dan mengingatnya. Metode yang digunakan pada pelatihan terdiri dari tiga tahap yaitu pemberian tutorial, monitoring dan evaluasi. Pelatihan ini diikuti dengan jumlah peserta 13 orang.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles