Strategi Bisnis Mikro Kecil Menengah Dalam Mempertahankan Usaha Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nunuk Latifah
  • Shanti Ike Wardani
  • Rani A. Normawati
  • Ika Rachmawati
  • Anna Widayani

Abstract

Pandemi COVID-19 yang saat ini sedang melanda dunia, termasuk Indonesia, megakibatkan dampak yang teramat besar terutama sector ekonomi. Kebijakan Pemerintah untuk menghimbau masyarakat beraktivitas di rumah saja mempengaruhi pola konsumi masyarakat. Sebagai salah satu sector yang terdampak, UMKM harus dapat melihat hal ini sebagai tantangan sekaligus peluang dalam memasarkan produknya. Permasalahan dialami UMKM adalah bagaimana mempertahankan eksistensinya dengan melakukan berbagai upaya, antara lain dengan melakukan berbagai inovasi usaha dan inovasi strategi. Untuk itu dibutuhkan adanya berbagai upaya baik dari pemerintah melalui kementerian-kementerian yang terkait dengan perekonomian maupun perguruan tinggi untuk memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM mengenai strategi bisnis yang dapat dilakukan dalam upaya mempertahankan bisnisnya mengingat sektor UMKM memiliki peranan yang sangat penting terhadap perekonomian Indonesia. Hal inilah yang menjadi dasar bagi tim pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk mengadakan seminar dengan judul kegiatan Webinar “Strategi Bisnis UMKM pada Masa Pandemi COVID-19”. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang strategi bisnis bagi para pelaku bisnis khususnya bagi sektor UMKM. sehingga mampu bertahan dan dapat menganalisa kondisi eksternal serta memanfaatkan peluang-peluang yang ada untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya. Peserta kegiatan Pengabdian kepada mayarakat ini adalah 117 orang dari total 251 orang yang mendaftar. Peserta terdiri dari 49% dosen, 40% pelaku UMKM dan 11% mahasiswa. Hasil kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan PKM dan publikasi ilmiah.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles