Efektivitas Strategi Pemasaran Dan Manajemen Keuangan Pada UMKM Roti

Authors

  • Martinus Sony Erstiawan
  • Candraningrat
  • Januar Wibowo

Abstract

UMKM menjadi salah satu penggerak roda ekonomi di daerah maupun di Indonesia, salah satunya adalah UMKM Roti Gres yang dibangun sejak tahun 1998. UMKM sebagai alternatif warga negara Indonesia untuk memperoleh pekerjaan. Dengan menciptakan usaha sendiri dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menghasilkan keuntungan pribadi dan dapat memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga keberlangsungan hidup usaha kecil dapat terus berkembang. Strategi pemasaran dibutuhkan untuk mendapatkan konsumen yang royal dan dapat memasarkan produknya secara maksimal bila strategi pemasaran yang dipahami secara baik oleh pelaku usaha. Bila pelaku usaha tidak memahami strategi pemasaran dan penyebaran produk, maka produk yang tidak terdistribusi dengan baik, dapat mempengaruhi keuntungan yang diperoleh dan juga mempengaruhi besarnya biaya yang telah dikeluarkan oleh pemilik usaha. Masalah lainnya muncul adalah kekurang pemahamannya pemilik usaha dalam menentukan harga pokok produksi sehingga harga jual yang disebarkan kepada konsumen tidak berdasarkan komponen biaya yang timbul dalam produksi. UMKM tidak melakukan pencatatan keuangan yang baik dalam operasional UMKM. Pencatatan pembelian dan penjualan sangat diperlukan, untuk dapat mengetahui pengelolaan keuangan dalam melakukan aktivitas operasonal usaha. Oleh karena itu tujuan jangka pendek yang diperlukan dapat mendampingi UMKM dan memonitoring serta mengevaluasi strategi pemasaran yang ada dan manajemen keuangan roti gres, sehingga dalam waktu yang singkat dapat membantu mengurai kendala yang dihadapi oleh pemilik usaha.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles