PELATIHAN AKUNTANSI PADA UMKM PRODUK UNGGULAN KABUPATEN MAGETAN

Wijayanto Wijayanto, Ika Farida Ulfah, Ardyan Firdausi Mustoffa

Abstract


Kegiatan Pengabdian Masyarakat Internal (PMI) ini dilaksanakan pada pelaku UMKM yang memproduksi oleh-oleh khas Kabupaten Magetan tepatnya di Desa Sidomukti Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Jumlah anggota forum ini sekitar 50 UKM.
Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UKM yaitu kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya pembukuan yang baik. Dengan manajemen dan administrasi yang baik dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah selain untuk melaksanakan tri darma perguruan tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat juga untuk membantu mitra memberikan solusi atas permasalahan berkaitan dengan aspek keuangan antara lain adalah menata sistem manajemen yang selama ini dilakukan secara sederhana menjadi manajemen usaha yang profesional. Permasalahan lain yaitu kurang tertibnya administrasi pembukuan oleh pelaku UKM karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya pembukuan yang baik. Dengan manajemen dan administrasi yang baik dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Hartati, S. (2013). Manajemen Keuangan untuk Usaha mikro, kecil dan menengah.

Hasyim, M. (2014). Pelatihan Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Toko Kelontong Dusun Puluhan, Desa Banyusidi, Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(2), 134-140.




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v1i3.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats