Manajemen Marketing Era Digital Bagi Pengrajin Mebel di Kecamatan Karangmalang, Sragen, Jawa Tengah Untuk Meningkatkan Penjualan

Edy Susena, Anista Yulia Ratnawati

Abstract


Perkembangan teknologi informasi, yang ditandai dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi komunikasi serta transportasi, membuat setiap pelaku bisnis dituntut memiliki infra struktur teknologi informasi, sebagai tuntutan kemajuan zaman. Di era globalisasi sekarang ini, seluruh sistem pelayanan diotomatisasi dengan peralatan yang bersifat efisien dalam waktu dan tenaga. Hal ini diharapkan akan memuaskan keinginan konsumen dan proses permintaan pasar sehingga menjangkau keseluruh bidang kehidupan.

Pada kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini tim bekerjasama dengan mitra “Yudhi Mebel” yang beralamatkan di Desa Guworejo, Kec. Karangmalang, Kab. Sragen, Jawa Tengah. Yudhi Mebel merupakan Industri Kecl dan Menengah (IKM) yang melakukan produksi dan finishing mebel. Yudhi Mebel menyediakan berbagai macam furniture dan mebel. Saat ini berkembang sangat pesat dengan banyaknya pemesanan produk seperti halnya satu set kursi tamu, meja makan, meja belajar, almari dan masih banyak lagi, sebelumya Yudhi Meubel mengabil produk mentah dari jepara dan selanjutnya di finishing di Yudhi Mebel. Permasalahan yang timbul saat ini adalah: (1) Mebel yang diproduksi belum banyak dikenal di masyarakat, (2) Metode promosi dan pemasarannya masih menggunakan cara tradisional, (3) Pengelolaan keuangan belum menggunakan pembukuan yang baik dan tidak tertib, sehingga sulit untuk mengontrolnya, (4) Variasi produk sedikit, (5), Kurangnya tenaga kerja yang diserap oleh IKM Yudhi Mebel, (6) Kesulitan untuk mendapatkan modal tambahan.

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Yudhi Mebel telah dilaksanakan dengan baik. Kegiatan yang telah dilakukan adalah: (1) Pengembangan website promosi secara digital, (2) Pengembangan sistem informasi keuangan berbasis komputer, (3) Pelatihan penggunakan website promosi, (4) Pelatihan penggunakan sistem informasi keuangan berbasis komputer, (5) Pelatihan desain mebel. Saat ini tim melakukan pendampingan dalam menggunakan sistem informasi tersebut. Sedangkan luaran yang dihasilkan adalah publikasi artikel ke jurnal, publikasi ke media cetak dan elektronik, publikasi kegiatan di youtube.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i1.386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats