Sosialisasi dan Implementasi Tentang Pentingnya Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Pelajar Sekolah Dasar

Triana Prihatinta, Muhammad Taali, Dahris Shahab, Srimiatun Srimiatun, Tri Lestariningsih, Fresdear Femilian

Abstract


Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para siswa sekolah dasar SDN Uteran 01, Kecamatan Geger Kabupaten Madiun tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) didalam lingkungan sekolah. Sasaran dari PKM ini adalah pihak sekolah dan siswa kelas 3, 4, 5 dan 6 SDN Uteran 01. Metode kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan implementasi PHBS tentang cara sikat gigi dan cuci tangan yang baik dan benar di sekolah.

Hasil dari PKM menunjukkan bahwa tumbuhnya kesadaran dari pihak sekolah dan siswa akan pentingnya PHBS dan pentingnya menerapkan prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati. Siswa menjadi tahu cara bagaimana sikat gigi dan cuci tangan dan baik dan benar sehingga dapat dipraktikkan  di sekolah dan kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Dinkes, Jateng. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2012. 2013, Semarang: Dikes Jateng.

Maryunani Anik, 2013, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Jakarta : Trans Info Media

Notoadmotjo, s. 2007 Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku, Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i1.394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats