Implementasi Repair Grove Ban Layak Pakai dan Pengembangan Produktifitas Sumber Daya Manusia untuk Masyarakat Karang Joang

Jatmoko Awali, Andromeda Dwi Laksono, Ika Ismail, Yunita Triana, Ahmad Syaifuddin

Abstract


Pendidikan adalah modal utama bagi suatu bangsa dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang dimilikinya. Sumberdaya manusia yang berkualitas akan mampu mengelola sumber daya alam dan memberi layanan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu, titik sentral pembangunan adalah pemberdayaan sumber daya manusia termasuk tenaga kerja, baik sebagai sasaran pembangunan maupun sebagai pelaku pembangunan. Balikpapan merupakan kawasan industri yang dimana di desa Karang Joang tersebut merupakan daerah yang sedang berkembang. Namun sejauh ini, kurangnya pendidikan dan belum ada tindakan yang nyata baik dari pemerintah maupun tokoh masyarakat dan pengusaha. Akibatnya kebanyakan orderan yang diminta oleh para pengembang beralih pada sekelompok orang saja. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka lembaga pelatihan dan pengembangan produktifitas sumber daya manusia yang berlokasi di desa Karang Joang mencoba untuk memfasilitasi kelompok produktif ini agar bisa lebih produktif dan berguna bagi upaya memperbaiki ekonomi keluarga, salah satunya adalah dengan jalan memberikan pelatihan tentang manajemen dan repair ban  layak pakai.

Full Text:

PDF

References


Afiatin, T., Sonjaya, J. A., & Pertiwi, Y. G. (2013). Mudah dan Sukses Menyelenggarakan Pelatihan: Melejitkan Potensi Diri. Yogyakarta: Kanisius.

Fauzan, B.M. (2001). Memilih dan Merawat Ban Mobil. Jakarta: Puspa Swara.

Isamas. (2011). Data Kecelakaan Lalu Lintas dan Kasus. Diperoleh 28 Desember 2011 dari http://isamas54.blogspot.com/2011/ 10/data-kecelakaan-lalu-lintas-dankasus.html

Mulyono, M.B. (2000). Wirausaha Vulkanisir Ban Sepeda Motor. Jakarta: Puspa Swara.




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i1.398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats