Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Penjualan Kelompok UMKM Di Kota Tegal

Ida Farida, Sunandar Sunandar, Aryanto Aryanto, Hetika Hetika, Krisdiyawati Krisdiyawati

Abstract


Website melalui Social Networking Marketing adalah salah satu cara memasarkan produk UMKM. Dengan memanfaatkan e-Commerce dalam operasional bisnisnya, UMKM akan mendapatkan akses pasar yang lebih luas dan berpeluang menggaet pelanggan baru. Tolok ukur keberhasilan program dilakukan adalah dengan melihat kemampuan peserta dalam pengusaaan teknologi memasarkan produk dengan menggunakan website melalui Social Networking Marketing. UMKM atau industri yang bergerak dalam usaha Batik dan makanan di Kota Tegal termasuk banyak. Namun sentra usaha Batik Tegalan misalnya, kompetitor utamanya adalah para pengrajin batik yang ada di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pekalongan yang merupakan sentra batik dan sudah terkenal. Berdasarkan hasil survey dan wawancara tim dengan para pelaku UMKM “dijumpai permasalahan yang dihadapi antara lain yaitu, dalam memasarkan masih menggunakan secara konvensional yaitu menunggu pesanan dari para pembeli sehingga penjualannya hanya bisa memenuhi kebutuhan di tingkat lokal yaitu Kota. Untuk mengatasi permasalahan mitra maka diperlukan suatu teknologi informasi dan komunikasi atau yang dikenal dengan istilah Information and Communication Technology (ICT) dan internet telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang bisnis dan perdagangan. Salah satu penerapan ICT dan internet dalam bidang bisnis dan perdagangan adalah electronic commerce (e-commerce).


Full Text:

PDF

References


Danuar, Dani (2013). Pengembangan Usaha Miro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif di kota Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Megginson,L.C. Byrd,MJ & Megginson, W.L (2003) Small Business Management: An entrepeneur’s quidebook, (4thed).New York: Mc.Grow-Hill

Indrajit, Ricardus Eko. E-Commerce : Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya

Schwab, Klaus. 2016. The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum : Switzerland




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i1.399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats