Strategi Kewirausahaan dan Digital Marketing Produk Teh Binahong di Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat

Rani Rubiyanti, Tovani Sri, Adi Wibowo

Abstract


Kewirausahaan adalah suatu proses membelai bisnis baru, mengorganisasikan sumberdaya-sumberdaya seperti; sumberdaya manusia (tenga kerja), sumberdaya alam (bahan baku) yang diperlukan untuk kegiatan pemberian nilai tambah ekonomis yang akan menghasilkan produk, baik barang maupun jasa dengan mempertimbangkan risiko yang terkait. Secara sederhana digital marketing adalah terminologi yang mencoba mendeskripsikan jasa pemasaran terintegrasi yang digunakan untuk menarik perhatian, serta pelibatan konsumen secara online. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah mengembangkan program sebelumnya dimana belum ada penyampaian ilmu tentang strategi kewirausahaan dan pemasaran dengan teknik digital marketing agar masyarakat dapat berwirausaha dan memasarkan produk teh binahong ke masyarakat luas. Sasaran utama program PKM ini adalah warga Kelurahan Lengkongsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya yang mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan masyarakat tidak produktif secara ekonomis. Metode yang digunakan meliputi ceramah, praktik langsung, dan diskusi. Hasil kegiatan memyimpulkan bahwa: 1) Pengetahuan peserta tentang strategi kewirausahaan dan digital marketing meningkat; 2) Masyarakat dapat membuat dan mengemas teh binahong; dan 3) Kegiatan ini telah memberi manfaat bagi masyarakat Sidorejo, khususnya ibu-ibu PKK dengan meningkatnya keinginan peserta menjual produk the binahong pada salah satu akun digital marketing.

Full Text:

PDF

References


Andari Ressa. 2011. Pengaruh Kompetensi Pengusaha Kompetensi Pengusaha, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hakim Arman Nasution. 2007. Entrepreneurship, Membangun Spirit Teknonopreneurship. Yogyakarta.

Harjadi, Didik & Fatmawati Dewi. 2008. Word of Marketing (WOM) Communication Sebagai Alternatif Kreatif Dalam Komunikasi Pemasaran. JURNAL EQUILIBRIUM. Vol.4, No.8, Juli-Desember 2008; 72-78.

Kurniawan, B., & W. F. Aryana. 2015. Binahong (Cassia alata L) as Inhibitor Eschericia coli Growth, J Majority, 4(4) : 100 –104

Manoi, F. 2009. Binahong (Anredera cordifolia) Sebagai Obat. Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri, 15(1) : 3 –5.

Salasanti, C. D., E. Y. Sukandar, I. Fidrianny. 2014. Acute and SubChronic Toxicity Study of Ethanol Extract of Anredera cordifolia (Ten.) Steenis Leaves. International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences , 6(5) : 348 –352.

Selawa, W., M. R. J. Runtuwene, & G. Citraningtyas. 2013. Kandungan Flavonoid dan Kapasitas Antioksidan Total Ekstrak Etanol Daun Binahong (Anredera cordifolia(Ten.) Steenis). Pharmacon Jurnal Ilmiah Farmasi Unsrat, 2(1) : 18 –22




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i1.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats