Implementasi Pencatatan Transaksi Keuangan Berbasis Android

Eka Destriyanto Pristi, Iin Wijayanti, Nurul Hidayah, Riza Dessy Nila Ayutika

Abstract


Tujuan dari kegiatan IbM ini adalah selain untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat juga untuk membantu mitra memberikan solusi atas permasalahan kaitan dengan aspek keuangan antara lain ketidak mampuan dan ketidakmauan sumber daya untuk menggunakan akuntansi dalam pengelolaan dana yang  mereka miliki. Target khusus dari kegiatan IbM ini adalah Memberi bekal kemampuan dan keterampilan kepada UMKM supaya dapat mencatat transaksi keuangan dengan menggunakan aplikasi ini sehingga mereka dengan mudah dapat menyusun laporan keuangan.

Kegiatan IbM ini dilaksanakan di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Jumlah anggota forum ini sebanyak 30 orang, yang terdiri dari pelaku usaha yang ada  Magetan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial,dan diskusi.  Hal tersebut dimaksudkan supaya UMKM bisa  menyusun laporan keuangan sederhana dan bagaimana cara mencatat transaksi dengan menggunakan  aplikasi yang bisa di download  di google play dengan menggunakan Handphone berbasis android.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i1.425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats