Implementasi Aplikasi Akuntansi Ukm Berbasis Android Untuk Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan Pada Asosiasi Peternak Ayam Petelur

Titis Purwaningrum, Nur Sayidatul Muntiah, Rosyida Rahma Izzati, Ajeng Pipit

Abstract


Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pelatihan pencatatan akuntansi menggunakan aplikasi android dan mengatasi permasalahan yang dihadapi para pelaku UKM. Anggota asosiasi peternak ayam petelur selama ini belum melakukan pencatatan akuntansi dikarenakan mereka belum mengenal akuntansi dan belum paham bagaimana memulai melakukan pencatatan arus kas. Selama ini pencatatan masih dilakukan secara manual bahkan ada sebagian anggota yang sama sekali tidak melakukan pencatatan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor PLUT KUMKM yang beralamat di Jl. Gajah Mada, Ds. Baleharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang. Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu Metode Ceramah, Metode Tutorial, dan Metode Diskusi. Peserta diberikan pemahaman tentang akuntansi dan persamaan dasar akuntansi, diberikan tutorial penggunaan aplikasi Akuntansi UKM berbasis android mulai memasukkan jurnal sampai download laporan keuangan dan peserta diberi kesempatan berdiskusi terkait permasalahan yang dihadapi. Pelatihan aplikasi akuntansi UKM berbasis android digunakan untuk memudahkan anggota asosiasi peternak ayam petelur dalam menyusun laporan keuangan dengan mudah, cepat dan tepat.

Kata kunci: SIA, Akuntansi UKM, Aplikasi Akuntansi UKM Berbasis Android


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i1.429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats