Strategi Pemasaran Pada Umkm Kerajinan Anyaman Plastik di Desa Karanggebang Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo

Ika Farida Ulfah, Ardyan Firdausi Mustoffa, Wijianto WIjianto

Abstract


Kegiatan IbM ini akan dilaksanakan pada pelaku UMKM anyaman plastik di Desa Kranggebang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM yaitu selama ini promosi yang dilakukan masih sangat minim karena hanya bergantung pada satu pengepul saja, bahkan pada bulan Januari sampai bulan Mei tidak ada penjualan karena pengepul tidak membeli produk anyaman tas tersebut. Dengan menoptimalkan pemasaran maka produk lebih dikenal luas dan dapat meningkatkan penjualan UMKM tersebut. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah selain untuk melaksanakan tri darma perguruan tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat juga untuk membantu mitra, memberikan solusi atas permasalahan berkaitan dengan aspek pemasaran antara lain adalah mempeluas pemasaran yang selama ini hanya dilakukan kepada pengepul secara offline menjadi pemasaran online dengan memanfaatkan media social dan marketplace agar produk lebih dikenal masyarakat luas. Atas bantuan dari Dinas Perdagkum Ponorogo saat ini pelaku UMKM telah bergabung pada Komunitas Pengrajin Ponorogo, sehingga diharapkan para pelaku UMKM Anyaman Plastik Di Karanggebang Jetis mendapatkan informasi bilamana ada kegiatan Pameran dalam upaya perluasan pasar dan juga pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh DInas Perdagkum Ponorogo..

 

Kata Kunci: manajemen pemasaran, pemasaran online.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i1.430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats