Deteksi Risiko Jatuh dan Pendampingan Latihan Keseimbangan Pada Pasien Lanjut Usia di RS Setia Mitra Jakarta

Purnamadyawati Purnamadyawati, Farahdina Bachtiar, Eko Prabowo, Agustiyawan Agustiyawan

Abstract


Meningkatnya usia harapan hidup sejalan dengan bertambahnya jumlah lanjut usia di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah lansia terbesar di dunia sebagai dampak dari meningkatnya kualitas dan standar pelayanan kesehatan di masyarakat. Salah satu masalah yang rentan dihadapi oleh lansia adalah jatuh. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendeteksi risiko jatuh pada lansia serta memberikan pendampingan latihan keseimbangan untuk mencegah kejadian jatuh. Metode yang digunakan berupa pemeriksaan risiko jatuh dan pelatihan latihan keseimbangan pada lanjut usia yang berkunjung ke RSSM Jakarta. Terdapat 41 orang lansia yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Pemeriksaan risiko jatuh dilakukan dengan menggunakan Timed Up and Go (TUG) Test.  Hasil pemeriksaan TUG adalah 74,36% lansia memiliki risiko jatuh ringan, 10,20% memiliki risiko jatuh sedang, dan 5,13% memiliki risiko jatuh ringan.


Full Text:

PDF

References


Pudjiastuti, S. S., & Utomo, B. (2003). Fisioterapi pada lansia.

Badan Pusat Statistik. (2016). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2016.

Lumbantobing.2004. Gangguan tidur. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Maryam, S. (2008). Menengenal usia lanjut dan perawatannya. Penerbit Salemba.

Tjokroprawiro, A. (Ed.). (2015). Buku ajar ilmu penyakit dalam. Ed. 2: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Rumah Sakit Pendidikan Dr. Soetomo Surabaya. Airlangga University Press.

PMK 65. (2015). Standar Pelayanan Fisioterapi. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Nurmalasari, M., Widajanti, N., & Dharmanta, R. S. (2018). Hubungan Riwayat Jatuh dan Timed Up and Go Test pada Pasien Geriatri. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 5(4), 164-168.

Utomo, B., & Tarakini, N. (2009). Uji Validitas Kriteria Time Up and Go Test (TUG) Sebagai Alat Ukur Keseimbangan pada Lansia. Jurnal Fisioterapi, 9 (2), 86-93.

Arimbawa, I.K. Kejadian Jatuh Pada Lansia. Universitas Udayana.

Windi, A. S., & Donsu, J. D. (2018). Peneraan Balance Exercise Pada Lansia Dengan Gangguan Keseimbangan Tubuh di Bpstw Abiyoso Tahun 2018. (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i2.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats