Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mahasiswa Pgsd Dengan Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

Arnelia Dwi Yasa

Abstract


Di era revolusi industri 4.0, perkembangan ICT yang begitu pesat. Guru diharapkan mampu untuk menguasai media-media pembelajaran yang berbasis digital atau multimedia pembelajaran. Sebagai calon guru Sekolah Dasar, mahasiswa dibekali keterampilan atau kemampuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Pengembangan multimedia pembelajaran masing jarang dikembangkan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan pengembangan multimedia pembelajaran. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pengembangan multimedia pembelajaran pada mahasiswa PGSD dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada mahasiswa PGSD Unikama sebanyak 25 orang. Kegiatan pengabdian berupa pelatihan pengembangan multimedia pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Marker yang disampaikan menggunakan aplikasi zoom meeting. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah dan penugasan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sebanyak 76% mahasiswa memperoleh skor diatas rata-rata dalam mengembangkan multimedia pembelajaran.  


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arnelia Dwi Yasa, Ketut Suastika, Siti Alisa Nur. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 30-37.

BNSP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Khotimah, Khusnul. (2016). Pengembangan Media E-Comic Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Kelas VB SD Negeri Bojong Salaman 01 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Mulyani, Reni. (2013). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASH FLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Majalaya Kabupaten Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nur'aini, Diah, Fadiawati, Noor, & Tania, Lisa. (2015). Pengembangan E-book Interaktif Asam Basa Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 517-529.

Sugianto, Dony, Abdullah, Ade Gafar, Elvyanti, Siscka, & Muladi, Yuda. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2).

Sugiyono, Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuliani, Yuli, Supriadi, Udin, & Anwar, Saepul. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 4 Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 22-36.

Wibowo, Edi. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. UIN Raden Intan Lampung.

Wijayati, Nanik, Kusuma, Ersanghono, & Sumarti, Sri Susilogati. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital Di Jurusan Kimia Fmipa Unnes. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i2.517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats