Belajar Bertani dan Memasak Makanan Khas Daerah di Rumah selama Masa Pandemi Covid-19

Samantha Thaidy, Djoko Suhardjanto, Yeni Priatnasari

Abstract


ABSTRAK

Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Covid-19. Mahasiswa menjadi relawan tanggap wabah covid-19 yang diharapkan dapat membantu pemerintah memberikan edukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan pola hidup sehat selama masa pandemi Covid-19, serta ide berkegiatan selama berada di rumah. Kegiatan KKN UNS Covid-19 Tahap 2 dilaksanakan selama 45 hari, mulai dari tanggal 15 Mei – 30 Juni 2020. KKN dilaksanakan di RT 05 RW 01 Kelurahan Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi dan edukasi secara online dan offline tentang pencegahan penyebaran virus Covid-19 dan informasi terbaru mengenai Covid-19, dan aktifitas yang dapat dilakukan selama pandemi Covid-19, seperti bertani dan memasak makanan khas daerah. Media yang digunakan yaitu media sosial seperti whatsapp, youtube, dan instagram. Hasil dari kegiatan atau program yang telah dilaksanakan adalah masyarakat menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental dan fisik selama masa pandemi Covid-19, memberikan edukasi tentang pertanian di rumah agar kebutuhan pangan tetap terpenuhi selama masa pandemi Covid-19, dan masyarakat dapat belajar cara memasak makanan khas daerah lain yang mudah dilakukan di rumah dan mengetahui sejarah dan filosofi dari makanan tersebut.

Kata Kunci: Covid-19, Edukasi , Kuliah Kerja Nyata (KKN), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat


Full Text:

PDF

References


Susilo A, Rumende CM, Pitoyo CV et al. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. J Penyakit Dalam Indonesia. 7(1): 45-67.

Yuliana. 2020. Corona virus diseases (Covi-19); sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healty Magazine. 2(1): 187-192.

BalitbangPertanian. (2020). Kawasan Rumah Pangan Lestari - KRPL. Diambil 26 Agustus 2020, dari http://www.litbang.pertanian.go.id/krpl/




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v4i2.585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats