Rancang Bangun Sistem Kontrol Pengaduk Adonan Roti Bluder Otomatis Berbasis PLC Dan HMI

Authors

  • Andhika Putra Widyadharma Widyadharma Politeknik Negeri Madiun

Keywords:

PLC (Programable Logic Controller), Valve, VSD (Variable Speed Driver)

Abstract

Pada pembuatan roti bluder proses penakaran adonan sangat penting. Dengan takaran adonan yang pas dapat mengahasilkan roti yang berkualitas. Salah satu perusahaan roti bluder di daerah Madiun masih menggunakan alat pengaduk adonan roti secara manual dan sederhana. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat yang bisa melakukan penakaran adonan roti bluder secara otomatis. Dari permasalahan tersebut dibuat suatu alat yang dapat melakukan penakaran dan pengadukan adonan secara otomatis. Salah satu metode yang digunakan untuk melakukan proses penakaran dan pengadukan secara otomatis ini dengan melakukan setting timer di PLC. Proses penakaran dilakukan dengan melakukan setting timer pada valve. Sedangkan proses pengadukan dilakukan dengan setting timer pada motor pengaduk yang kecepatannya akan diatur oleh VSD (Variable Speed Driver) yang terkoneksi dengan PLC. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan pada proses penakaran adonan tepung menggunakan 2 motor DC untuk membuka dan menutup selama beberapa tahap. Input yang dimasukkan di dalam PLC harus dalam satuan bilangan genap. Pada valve gula diperlukan waktu minimal 24 detik dalam sekali proses buka dan tutup. Untuk penakaran air dapat diatur dengan memasukkan set point berupa setting waktu pada PLC. Set point yang dimasukkan berupa berat dari adonan yang diinginkan.

References

Evalina, N., Abdul, H.A & Zulfikar. (2018). PENGATURAN KECEPATAN PUTARAN MOTOR INDUKSI 3 FASA MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER. Staf Pengajar Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Gurao, A., Keskar, A., Jadhav, M., Jadhav, P. & Mithari, R. (2017). HORIZONTAL AXIS ELECTRIC OPERATED CONCRETE MIXER. U.G. Student, Department of Mechanical Engineering, Bharati Vidyapeeth’s College of Engineering, Kolhapur, Maharashtra, India.

Kusumawardani, R. & Sumiharto, R. (2015). RANCANG BANGUN SISTEM PENCAMPUR BAHAN MINUMAN BERSODA BERDASARKAN KADAR KEASAMAN BERBASIS PLC OMRON CP1H-XA40DR-A. FMIPA, Universitas Gadjah Mada.

Sumardi & Handoko, L. (2014). PERANCANGAN KONTROL OTOMATIS MESIN MIXER PENGADUK BAHAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN. Dosen Teknik Elektro UMT Mahasiswa Teknik Elektro UMT, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Priyati, A., Abdullah, S.H. & Putra, G.M.D. (2016). PENGARUH KECEPATAN PUTAR PENGADUKAN ADONAN TERHADAP SIFAT FISIK ROTI. Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram

Published

2022-05-25