Monitoring System Motor Induksi 3 Fasa Berbasis Internet of Things

Authors

  • Ricky Febri Aryo Politeknik Negeri Madiun
  • Basuki Winarno Politeknik Negeri Madiun
  • Suluh Argo Pambudi Politeknik Negeri Madiun

Keywords:

Internet of Things, Motor Induksi 3 Fasa, NodeMCU ESP 8266, PZEM-004T

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat sistem monitoring dan gangguan pada motor listrik berdasarkan parameter arus, tegangan, daya, dan faktor daya berbasis IoT (Internet of Things) yang didapatkan dari sensor energi listrik PZEM-004T yang telah terpasang pada rangkaian kontrol pada motor. kemudian data yang dihasilkan sensor diolah pada rangkaian mikrokontroler dan selanjutnya data ditampilkan dalam web aplikasi IoT ThingSpeak guna untuk mengetahui arus, tegangan, daya, dan faktor daya pada motor. Dengan adanya alat monitoring ini maka dapat mengetahui berapa besar arus, tegangan, daya, dan faktor daya yang ditunjukkan pada layar PC/ Laptop dengan web aplikasi IOT ThingSpeak dan jika terjadi gangguan pada motor maka Buzzer yang difungsikan sebagai indikator akan berbunyi ketika arus diatas 1 ampere.

References

Abdul L, Muhammad. 2019. Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 1 Fasa Melalui PWM AC CHOPPER. Politeknik Negeri Madiun, Madiun.

Ariya F, Inas. 2019. Sistem Monitoring Untuk Arus, Tegangan, dan Suhu Pada Trafo 3 Phase Berbasiskan Internet of Things (IoT).

Gajbiye, Ayushi, dkk. 2019. Iot Based Condition Monitoring Of An Induction Motor. Department of Electrical Engineering Anjuman College of Engineering & Technology, Nagpur.

Ebi A, David. 2018. Rancang Bangun Monitoring Wind Turbine Berbasis Internet of Things

Rusiana I, Handoko, dkk. 2018. Sistem Monitoring dan Data Logging Motor Induksi 3 Fasa Berbasis Jaringan Sensor Nirkabel Menggunakan Blynk Cloud Server

Seenivasan, dkk. 2019. Induction Motor Condition Monitoring and Controlling Based on IoT. Dept of Electrical and Electronics Engineering, Kamaraj College of Engg and Technology, Tamil Nadu, India.

Tugino. 2009. Rekayasa Sistem Monitoring dan Analisis Temperatur Motor Listrik berbasis Komputer. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-10-29

How to Cite

Aryo, R. F., Winarno, B., & Pambudi, S. A. (2021). Monitoring System Motor Induksi 3 Fasa Berbasis Internet of Things. JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering), 6(2), 47–50. Retrieved from https://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae/article/view/329