Prototipe Penyiraman Otomatis Pada Sistem Temperatur Dan Kelembaban Pada Tanaman Budidaya Saledri

Ilmi Rizki Imaduddin, Muhammad Hasan Basri, Imam Basuki

Abstract


Abstrak— Budidaya tanaman seledri membutuhkan perhatian khusus karena jika tanaman seledri ini tidak mendapatkan kondisi sesuai dengan yang dibutuhkan maka tanaman ini tidak akan tumbuh subur. Misalnya kondisi suhu dan kelembaban tanah yang tidak sesuai dengan kebutuhannya. Perkecembahan saledri berlangsung sangat lambat dan memerlukan waktu antara 7-12 hari. Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi untuk pengontrol rangkaian elektronika yang dapat menyimpan program didalamnya. yang dirancang untuk memudahkan penggunaan kontrol elektronika dalam berbagai bidang. Perancangan pengontrol temperatur dan kelembaban tanah pada budidaya seledri ini menggunakan mikrokontroler, sensor DS18b20 dan sensor Soil moisture untuk mengendalikan kipas dan pompa secara otomatis, untuk mengatur temperatur dan kelembaban tanah sesuai dengan nilai yang dibaca oleh sensor. Hasil pengujian dari alat pengontrol temperatur dan kelembaban tanah pada budidaya seledri ini memiliki kinerja yang cukup baik dengan nilai error rata-rata dari sensor DS18b20 634˚C dan sensor suhu 29.75% pada posisi tanah basah dan nilai error rata-rata sensor DS18b20 637˚C dan sensor suhu 29.62% pada pisisi tanah kering, sehingga diharapkan pemeliharaan tanaman bisa lebih bagus.


References


DAFTAR PUSTAKA

Fillah Muty Syahidah dan Rr. Sulistiyaningsih. Jurnal farmaka Vo. 16 No 1. Potensi Seledri (Apium graveolens) Untuk Pengobatan Review Article 2005.

Rammad Budiyanto, Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Saledri Pemberian Beberapa Kombinasi Pupuk N,P,K Dan Vermikompos, Fakultas Pertanian Universitas Sumatrera Utara Medan 2011.

Hafizur rizki, wildian, jurnal fisika Unand, Vol. 4. No, 2. Rancang bangun sistem wastafel otomatis berbasis mikrokontroller at mega 8535 dengan menggunakan sensor fotodioda.2015.

Rahmad budiyanto , pertumbuhan da produksi tanaman saledri pada pemberian beberapa kombinasi pupuk N,P,K dan vermikompos. Departemen budidaya pertanian fakultas pertanian universitas sumatera utara medan, 2011.

Putra, ida bagus eka. "perencanaan penyiraman otomatis bertenaga surya berbasis arduino uno untuk tanaman bibit jenitri." sinarfe7 1.1 (2018): 427-432.




DOI: https://doi.org/10.32486/jeecae.v5i1.503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilmi Rizki Imaduddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy -
StatCounter
JEECAE Stats