Identifikasi Bakteri pada Citra Dahak Penderita Tubercolusis (TBC) Menggunakan Metode Watershed

Dirvi Eko Juliando, Asih Setiarini

Abstract


Penyakit tuberkulosis paru adalah penyakit menular yang menyerang paru-paru, penyakit ini disebabkan oleh Mycobacterium Tuberkulosis. Miko bakteria adalah bakteri aerob, berbentuk batang, yang tidak membentuk spora. Pemeriksaan diagnosis pada penyakit TB-paru dapat dilakukan dengan melihat keluhan/gejala klinis, pemeriksaan biakan, pemeriksaan mikroskopis, radiologik dan tuberculin test. Pada pemeriksaan biakan hasilnya akan didapat lebih baik, namun waktu pemeriksaannya biasanya memakan waktu yang terlalu lama. Sehingga pada saat ini pemeriksaan dahak secara mikroskopis lebih banyak dilakukan karena sensitivitas dan spesivitasnya tinggi disamping biayanya rendah.

Dalam makalah ini, diusulkan sebuah metode segmentasi bakteri TB dari pemeriksaan dahak menggunakan metode watershed untuk merepresentasikan citra dengan pendekatan bukit dan lembah. Dimana bakteri TBC yang merupakan objek diasumsikan sebagai bukit yang memiliki ketinggian yang sama, sedangkan jalur yang menghubungkan antar bukit diasumsikan lembah. Sehingga bila ada objek yang saling terhubung dengan alur lembah diasumsikan sebagai bakteri TBC.

Keywords


Watershed; indetifikasi; bakteri; tubercolusis

Full Text:

PDF

References


Tya Eka Yulianti Selasa, 27/04/2010, Angka Penderita TB di Indonesia Masih Tinggi– detik Bandung , http://bandung.detik.com/read/2010/04/27/165136/1346507/486/angka-penderita-tb-di-indonesia-masih-tinggi

Munir, R., “Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik”, Informatika Bandung:2004

Gonzalez, Rafael C., and Woods, Richard E., “Digital Image Processing”,New Jersey : 2002


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEECAE Stats