Rancang Bangun Kendali Perangkat Elektronika Menggunakan Komunikasi Bluetooth Berbasis Arduino Dengan Interface Android

Aulia El Hakim

Abstract


Kendali perangkat elektronika secara jarak jauh pada umumnya menggunakan remote infra merah ataupun menggunakan kendali sms gateway. Permasalahan terjadi Jika menggunakan Ired Pada saat pengiriman data,  maka antara infra merah sebagai transmiter dan receiver  harus berhadapan satu sama lain tanpa ada penghalang. Hal ini dapat menyulitkan dalam proses pengendalian perangkat elektronika secara jarak jauh. Sedangkan bila menggunakan sms gateway maka dibutuhkan pulsa “sms” untuk komunikasi data, sehingga pengendalian tidak effisien dan tidak praktis. Penelitian ini Bertujuan sebagai alternatif lain dalam pengendalian perangkat elektronika secara nirkabel yang ekonomis dan praktis. Board mikrokontroller yang digunakan pada penelitian ini bersifat open-source yaitu menggunakan board arduino uno. Untuk pembuatan aplikasi Android AndroBlue pada smartphone, dengan memanfaatkan pemrograman berbasis online dari ai2.appinventor.mit.edu.Cara penggunaan alat ini adalah dengan mengaktifkan Bluetooth pada Smartphone Android dan memberikan daya pada prototipe kendali perangkat elektronika, kemudian dilakukan pairing antara bluetooth pada smartphone dengan bluetooth yang ada pada prototipe kendali. Setelah terhubung, maka perangkat elektronika tersebut dapat dikendalikan dengan menggunakan aplikasi AndroBlue yang sudah terinstall pada smartphone. Dari hasil pengujian terhadap kendali perangkat elektronika secara jarak jauh dapat diketahui dari 10 kali uji coba dengan perbedaan jarak yang sudah ditentukan, tingkat keberhasilan  mencapai 80 %.

Keywords


Bluetooth; Arduino uno; AndroBlue; Perangkat Elektronika

Full Text:

PDF

References


Arduino, https://www.arduino.cc/, diakses pada tanggal 26, Agustus, 2015, pukul 14.50 WIB

Budiharto, Widodo.”Kendali Cerdas Berbasis SMS/Web/TCP-IP”,PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2009

Motisan, Radu.“Android controlled robot (Using Bluetooth) – Part 1”. http://www.pocketmagic.net/?p=1398, diakses pada tanggal 13 September 2015.

Motisan, Radu.“First steps with micro controllers (ATMega8)”, diakses pada tanggal 13 Agustus 2015.

Sani, Muhammad.”Tutorial Pengantar pengembangan aplikasi android”. From http://www.docstoc.com/docs/80126437/aplikasi-android, diakses pada tanggal 14 Agustus 2015.

Sani, Muhammad.”Tutorial Layout aplikasi android”. From http: // www.docstoc.com / docs / 80126437 / aplikasi-android, diakses pada tanggal 15 September 2015.

Safaat H, Nazruddin.“Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC berbasis Android”, Informatika bandung, April 2011.

Sumisjokartono. ”Elektronika Praktis, untuk Pemula, Hobbyist, dan Wiraswastawan”, Gramedia, Jakarta, 1995.

Wardhana, lingga.“ Mikrokontroller AVR seri ATMega 8535”,CV.Andi offset, Yogyakarta,2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JEECAE Stats