Penerapan Smart Relay Untuk Penentuan Posisi Sudut Panel Surya Dengan Metode Astronomi

Yuli Prasetyo, Budi Triyono, Hendrik Kusbandono

Abstract


Upaya mengatasi terbatasnya energi listrik yaitu menggunakan energi terbarukan. Energi matahari menjadi alternatif penggunaan energi terbarukan yang murah dan mudah. Pemanfaatan penggunaan energi matahari agar dapat mengubah energi listrik adalah menggunakan panel surya. Pengaplikasian energi listrik yang berasal dari energi matahari pun cukup beragam seperti lampu penerangan jalan, penyuplai energi listrik untuk rumah tangga, battery charging, back up pembangkit listrik untuk industri, heater kolam renang, pompa air, dan lainnya. Dalam penggunaannya, panel surya banyak dipasang statik dan tidak memperhitungkan titik optimal pancaran sinar matahari. Hal ini menyebabkan intensitas cahaya matahari yang diterima panel surya menjadi kurang optimal. Akibat pemasangan statik membuat energi listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Oleh karena itu perlu suatu sistem yang dapat menentukan posisi panel surya secara otomatis dan mengikuti arah pergerakan cahaya matahari.  Metode yang diterapkan pada sistem ini adalah metode astronomi. Metode ini menggunakan sensor sudut berupa potensiometer untuk sudut elevasi dan rotary encoder sebagai sensor sudut azimuth. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengoptimalkan tegangan output panel surya dengan cara mengikuti arah pergerakan matahari. Maksimal tegangan output yang dihasilkan adalah 22V lebih besar daripada kondisi statik.

References


A. M. Sinjari and S. J. M. Shareef, “Dual Axis Solar Tracking System Using PLC,” p. 6, 2016.

N. Soedjarwanto and O. Zebua, “Sistem Pelacak Energi Surya Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega8535,” vol. 13, p. 10, 2015.

I. W. Sutaya and K. Udy Ariawan, “Solar Tracker Cerdas Dan Murah Berbasis Mikrokontroler 8 Bit Atmega8535,” JST J. Sains Dan Teknol., vol. 5, no. 1, Aug. 2016, doi: 10.23887/jst-undiksha.v5i1.8272.

I. Winarno and F. Wulandari, “Solar Tracking System Single Axis Pada Solar Sel Untuk Mengoptimalkan Daya Dengan Metode Adaptive Neuro- Fuzzy Inference System (ANFIS),” p. 10.

Y. Prasetyo, B. Triyono, and A. C. Arifin, “Optimalisasi Daya Output Dual Axis Solar Tracker Dengan Metode Umbrella System,” vol. 02, no. 02, p. 8, 2019.

S. Triwijaya and Y. Prasetyo, “Pengaturan Batas Keamanan Sistem Aliran Daya Optimal Dc Menggunakan Metode Quadratic,” vol. 03, no. 012, p. 7, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32486/jeecae.v5i2.624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 COPYRIGHT is based on (CC-SA) CREATIVE COMMONS Licenses ShareAlike