Perancangan Jam Istiwa Otomatis Menggunakan Running Text dan Speaker Sebagai Alat Bantu Waktu Sholat Di Masjid Nurul Hidayah Al-Taqwa

Muhammad Anton, Muhammad Hasan Basri, Sulistiyanto Sulistiyanto, Yuli Prasetyo

Abstract


Jam merupakan petunjuk waktu yang menjadi acuan waktu sholat 5 waktu, yaitu subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya. Untuk itu penujuk waktu sholat itu sangat pentingakan adanya, maka sekarang ini banyak masjid maupun rumah yang biasanya sudah terdapat kalender maupun penampil waktu sholat. Untuk itu diperlukan cara bagaimana merancang sistem control penanda datangnya waktu sholat secara otomatis untuk lebih mempermudah masjid dalam menbantu masyarakat melakukan ibadah sholat berjamaah.Berdasarkan hasil pembahasan diatas dapat diketahui bahwa running text dapat membaca pada percobaan hari ke dua pada jam 04.14 WIB waktu sholat shubuh dan speaker dapat mengeluarkan suara azan. Pada percobaan hari ke ketiga running dapat membaca dapat membaca pada jam 04.14 WIB dan 14.50 WIB maka secara otomatis speaker mengeluar suara azan. Pada percobaan hari ke empat running text dapat membaca pada jam 04.14 WIB, 11.29 WIB, dan 14.50 WIB maka secara otomatis speaker mengeluarkan suara azan. Pada uji coba hari ke lima running text dapat membaca pada jam 04.14 WIB, 11.29 WIB, 14.50 WIB, dan 18.37 WIB dan secara otomatis speaker mengeluarkan suara azan. Pada percobaan hari enam hari enam running text dapat membaca waktu sholat secara sempurna dan mengeluar suara azan secara otomatis. Maka dari semua percobaan dapat diketahui running text dapat membaca secara sempurna pada percobaan hari ke enam dan speaker dapat mengeluarkan suara azan secara otomatis pada waktu tertentu.

References


Moedji Raharto (2013), “Dasar-Dasar Sistem Kalender Bulan Dan Matahari (Catatan Kuliah 3006)”. Bandung: Penerbit ITB.

Aan Febriansyah, Iskandar, Bayu Cahyawan, Dian Kusuma Negara (2016), “Aplikasi Running Text Berupa Jadwal Sholat 5 Waktu Pada Musholla POLMA Negeri Bangka Belitung”. Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung-Jurusan Teknik Electro dan Informatika.

Ghani Akbar Habibie (2011), "Perancangan dan implementasi running text dengan kontrol Bluetooth menggunakan mobile application berbasis android”. Universitas Telkom : Bandung.

Octarina Nur Samijayani, Rahsanjani, Fadjar Iftikar (2015), “Perancangan sistem penulisan teks pada running text menggunakan sms”. Progman Studi teknik Electro, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas AlAzhar Jakarta.

Adwanul Khair (2018), “Perancangan sistem editing pada tampilan teks berjalan berbasis arduino menggunakan aplikasi desktop melalui wifi”. Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember.

(Sabri Rusli, B, 2011).

Ilmirrizki Imaduddin, Muhammad Hasan Basri, Imam Basuki.” Prototipe Penyiraman Otomatis Pada Sistem Temperatur Dan Kelembaban Pada Tanaman Budidaya Saledri”. JEECAE Vol.5, No.1, Mei 2020.

Feri Andriawan.” Penjadwal Pakan Ikan Koi Otomatis Pada Kolam Menggunakan RTC DS3231”. ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (p – ISSN: 1978 – 5232; e – ISSN: 2527 – 337X) Vol. 12 No. 2 November 2018.

Rezky Pratiwi Yulianingrum. “Perancangan Alat Peraga Pengenalan Huruf Braille Berbasis Mikrokontroler”. Skripsi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 2018.

Ashari, Varanindia. Alat Pengubah Teks Menjadi Suara Sebagai Alat Bantu Tuna Wicara Dengan Menggunakan Raspberry Pi. Diss. Politeknik Negeri Sriwijaya, 2017.




DOI: https://doi.org/10.32486/jeecae.v5i2.630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 COPYRIGHT is based on (CC-SA) CREATIVE COMMONS Licenses ShareAlike