Decision Support System untuk Pelayanan Gangguan Listrik PelangganDecision Support System untuk Pelayanan Gangguan Listrik Pelanggan

Budi Artono, Ardian Prima Atmaja, Priyanto Priyanto

Abstract


Pemilihan dan penentuan jenis gangguan listrik menjadi suatu proses yang sangat dibutuhkan oleh petugas teknik dalam menangani gangguan listrik pada pelanggan PLN. Dalam kasus penentuan jenis gangguan listrik banyak terdapat peluang untuk membuat keputusan yang salah karena proses pemilihan dan penentuan jenis gangguan masih berdasarkan subyektifitas dan pengetahuan dari petugas teknik yang pastinya dari satu petugas dengan petugas yang lain memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. Ini memungkinkan bahwa gangguan listrik yang terjadi dengan penanganannya masih belum sesuai dengan stadart operasinal prosedur yang telah ditentukan dan dimungkinkan juga  terjadinya penentuan jenis gangguan yang belum tepat. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan proses perhitungan terhadap seluruh kriteria untuk penentuan dan pemilihan jenis gangguan listrik. Sudah dilakukan diklat dan pelatihan bagi petugas teknik untuk menunjang peningkatan kemampuan petugas dalam menentukan dan menangani gangguan listrik. Decision Support System dibuat untuk dapat membantu petugas teknik dilapangan dalam pemilihan dan penentuan serta dalam menangani gangguan listrik sesuai dengan masing - masing kriteria jenis gangguan listrik PLN.

Kata kunci— Gangguan Listrik; Decision Support System; Pelayanan Teknis PT.PLN; Web-based.


Full Text:

PDF

References


Standar Operational Prosedur Pelayanan Teknis 2012, Arsip PT.PLN Persero Area Kediri Rayon Ngunut.

Sandi, J. T., “Analisis Implementasi Sistem Informasi Penanggulangan Gangguan Listrik pada Pelanggan PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatra Barat Cabang Solok Rayon Kota Solok dengan Aplikasi Bahasa Pemograman Java didukung dengan Database Mysql,” Padang, 2010.

Erdisna. Sistem Penunjang Keputusan Dalam Menetapkan Daya Listrik Pelanggan PLN. jurnal teknologi informasi & pendidikan issn : 2086 – 4981 vol. 5 no. 2 september 2012. Padang.

Hendra Gunawan., Irwan Agustian. Aplikasi Pelayanan Gangguan Listrik Berbasis Web Di Pln Rayon Banjaran. Jurnal Informasi Volume VI No. 2/November/2014

Budi Akademika. Universitas Brawijaya. “Decision Support System” [online] http://pbsabn.lecture.ub.ac.id/2012/05/keputusan-decision/. Tanggal akses 17 September 2013.

Turban, E., 1995., Decicion Support System And Expert System, Prentice Hall International, United State

Simon, H. A., 1960. Decision Making and Organizational Design. In D.S. Pugh. Organization Theory. Great Britain: Pinguin Education.

Daihani, D. U., 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia.

Artono, Budi, “DSS Menggunakan Metode Group Technology untuk Pelayanan Teknis PT. PLN Rayon Ngunut,” Jurnal EECCIS, Vol. 8, No. 2, Desember 2014.




DOI: https://doi.org/10.32486/jeecae.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JEECAE



Web Analytics Made Easy -
StatCounter
JEECAE Stats