Analisis Faktor Fundamental Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Yang Listed di Bursa Efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32486/aksi.v3i1.64Abstract
Manajemen laba adalah pemilihan kebijakan akuntansi oleh manajer untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan kepentingan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen laba. Data penelitian ini adalah perusahaan yang telah melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010. Purposive sampling diterapkan untuk mendapatkan sampel yaitu, sepuluh perusahaan. Itu dilakukan melalui observasi selama empat tahun (dari 2010 hingga 2013), sehingga total sampel dari empat puluh perusahaan. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS versi 17. Sementara, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah data berhasil diuji dalam hal asumsi klasik seperti normalitas, autokorelasi, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas, hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa variabel pertumbuhan perusahaan (0,000 <0,05) dan variabel kehadiran komite audit (0,083 < 0.10) mempengaruhi manajemen laba; sedangkan tidak ada efek pada variabel ukuran perusahaan, persentase saham yang ditawarkan selama IPO, leverage, ukuran kantor akuntan publik, proporsi dewan komisaris, jumlah dewan direksi, dan kepemilikan institusional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.