Studi Kelayakan Usaha Dan Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele di Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan

Authors

  • Muh. Supriyanto Politeknik Negeri Madiun
  • Rino Desanto Wiwoho Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32486/aksi.v2i2.80

Abstract

Usaha budidaya ikan telah memberikan dampak positif terhadap kehidupan ekonomi masyarakat dalam bentuk penyerapan tenaga kerja atau mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan petani pembudidaya ikan maupun pelaku usaha yang terlibat secara tidak langsung seperti pedagang pengentas ikan, usaha pemancingan, rumah khas ikan, usaha pasokan pupuk kandang (peternak), dan pupuk buatan (penyedia sarana produksi perikanan), pengangkutan serta para penyedia jasa lainnya yang dengan adanya usaha budidaya ikan. Disamping itu, usaha budidaya ini juga berdampak positif terhadap kehidupan sosial masyarakat serta berkontribusi positif terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) bagi pemerintah daerah setempat. Salah satu komoditas dengan penggunaan media kolam adalah komoditas lele dumbo (Anonim, 2013). Perkembangan usaha budidaya ikan lele semakin meningkat setelah masuknya jenis lele dumbo (Clarias sp.) ke Indonesia (Khairuman dan Amri, 2002). Faktor yang menjadi pesatnya perkembangan budidaya lele dumbo karena dalam proses produksinya lebih banyak memanfaatkan sumber daya yang ada dan menggunakan komponen lokal yang cukup besar, sementara hasil usaha budidaya Lele sangat berpotensi besar terhadap pasar domestik (Tajerin, 2008).

Penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan, pengetahuan dan strategi pengembangan khususnya bagi para petani ikan lele di Kecamatan Maaospati. Â Sebagai bahan masukan dan informasi yang terkait dengan kebijakan pengembangan usaha kecil berbasis perikanan dengan komoditi unggulan ikan lele. Pengembangan referensi dan ilmu pengetahuan bagi dunia pendidikan, khususnya bidang manajemen dan kewirausahaan. Sebagai bahan acuan bagi para peneliti sejenis dalam usaha pengembangan lebih lanjut.

Downloads

Published

2021-10-27

How to Cite

Supriyanto, M., & Wiwoho, R. (2021). Studi Kelayakan Usaha Dan Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele di Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan. Jurnal AKSI (Akuntansi Dan Sistem Informasi), 2(2). https://doi.org/10.32486/aksi.v2i2.80

Issue

Section

Articles