Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada Kantor UPPD/Samsat Brebes)

Authors

  • Asrofi Langgeng Noerman Syah Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Krisdiyawati Politeknik Harapan Bersama Tegal

DOI:

https://doi.org/10.32486/aksi.v2i2.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada Kantor UPPD/SAMSAT Brebes. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan pajak, pelayanan pajak, sanksi pajak, tingkat pendidikan dan tingkat penghasilan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, observasi, wawancara dan studi pustaka. Sampel yang digunakan adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor UPPD/SAMSAT sejumlah 135 orang dengan metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode analisa data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pajak, sanksi pajak dan tingkat penghasilan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada UPPD/SAMSAT Brebes. Sedangkan pengetahuan pajak dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada UPPD/SAMSAT Brebes.

Downloads

Published

2021-10-27

How to Cite

Syah, A., & Krisdiyawati. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada Kantor UPPD/Samsat Brebes). Jurnal AKSI (Akuntansi Dan Sistem Informasi), 2(2). https://doi.org/10.32486/aksi.v2i2.82

Issue

Section

Articles