Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Pendataan Industri Kecil Dan Menengah (SIM-IKM) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sragen

Authors

  • Edy Susena
  • Anista Yulia Ratnawati
  • Edy Susanto

Abstract

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sragen memiliki tugas dan fungsi secara umum adalah membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang perindustrian dan perdagangan. Di Kabupaten Sragen terdapat berbagai jenis industri kecil yang dikelola oleh masyarakat. Berdasarkan jumlah Industri Kecil dan Menengah (IKM) pada tahun 2017 sebanyak 17.012 unit. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sragen mengalami kerepotan dalam melakukan pendataan, pengolahan, pengarsipan dan pelaporan data IKM. Berdasarkan masalah tersebut maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sragen bekerjasama dengan tim melakukan penelitian untuk mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Pendataan Industri Kecil dan Menengah (SIM-IKM).

SIM-IKM telah berhasil diteliti dan dikembangkan oleh tim pada beberapa bulan yang lalu. SIM-IKM yang berhasil dikembangkan oleh tim, maka pada saat ini SIM-IKM dimplementasikan. Untuk mengimplementasikan SIM-IKM maka perlu diadakan pelatihan untuk Admin dan Tenaga Penyuluh Lapangan. Pelatihan dilakukan selama 1 hari dan tim memberikan pendampingan sampai 1 bulan. Pada saat pelatihan diikuti oleh Kepala bidang Perindustrian, Kasi. Industri Agro, Hasil Hutan dan ESDM, Staf Industri Agro, Hasil Hutan dan ESDM dan Tenaga Penyuluh Lapangan.

Kesimpulan dari kegiatan pengabdan kepada masyarat ini adalah: (1). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah berhasil dilaksanakan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sragen, (2). Tim pengabdian kepada masyarakat telah menyusun laporan akhir, (3). Hasil pelatihan telah dimasukan pada jurnal nasional ber ISSN saat ini menunggu publikasi.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles