Energi Hydro Vortex Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Masyarakat serta Penerangan Jalan Desa di Desa Songgon Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Yeddid Yonatan Eka Darma
  • Prabuditya Bhisma Wisnu Wardhana2

Abstract

Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan menjadi sumber daya ekonomis utama yang dibutuhkan dalam suatu sektor kegiatan, baik pada sektor rumah tangga, penerangan jalan, sarana dan prasarana umum, industri dan lain sebagainya.

 Kecamatan Songgon adalah kecamatan di Banyuwangi yang terletak di dataran tinggi tepatnya di kaki gunung raung sehingga suhunya cukup dingin. Wilayah Kecamatan Songgon terdiri dari pegunungan di bagian utara dan barat dan semakin ke timur dan selatan banyak berdiri pemukiman penduduk. Di wilayah Kecamatan Songgon banyak berdiri perkebunanperkebunan seperti Perkebunan Bayu Kidul dan Bayu Lor. Kecamatan Songgon memiliki aliran air dari gunung raung yang menjadi sungai-sungai deras, yang bisa dikatakan tidak pernah kering, oleh sebab itu teknologi yang tepat untuk membantu masyarakat sekitar mendapatkan alternatif energi listrik murah adalah teknologi mikrohidro dengan konsep hydro vortex.

Vortex microhydro atau di kenal dengan hydro vortex merupakan jenis sistem turbin vortex mikrohidro yang mampu mengubah energi dalam aliran air menjadi energi rotasi menggunakan kepala hidraulik rendah antara 0,7-3 meter (2 ft 4 in - 9 ft 10 in). Teknologi ini berdasarkan pada bak bulat dengan saluran sentral di atas saluran pembuangan air yang di design sedemikian rupa dan membentuk saluran vortex yang stabil sehingga mampu menggerakkan turbin air.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles