Digitalisasi Perangkat Ukur Tinggi dan Berat Badan Balita pada Posyandu Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah, Jawa Barat

Authors

  • Ferry Satria
  • Hertog Nugroho
  • Griffani Megiyanto R
  • Rifa Hanifatunnisa
  • Maya Rahayu
  • Nila Novita Sari
  • Usman B Hanafi
  • Mina Naidah Gani

Abstract

Kegiatan posyandu yang sampai saat ini meliputi pengukuran tinggi dan berat badan menjadi salah satu rutinitas untuk memantau tumbuh kembang balita. Tinggi dan berat badan adalah parameter penting dalam tumbuh kembang balita yang berkaitan dengan pencegahan gizi buruk yang dapat menyebabkan stunting serta kelainan lain yang mungkin terjadi. Parameter penting lainnya yakni suhu tubuh untuk menentukan kelayakan balita tersebut untuk melakukan proses selanjutnya misalnya saja diperbolehkan imunisasi atau vaksin apabila kondisi suhu tubuh dalam batas normal.

Pada umumnya kegiatan posyandu, di Indonesia khususnya posyandu RW 14 Padasuka kecamatan Cimahi Tengah masih dilakukan secara konvensional menggunakan kertas yang semakin hari bertambah pencatatannya, diperlukan dokumentasi penyimpanan data yang baik dan benar dalam pemantauan pertumbuhan ini. Banyak ditemukan masalah kehilangan data pada orangtua dikarenakan dokumentasi yang kurang baik serta penyimpanan data yang sudah banyak sekali di posyandu mengakibatkan pencatatan data sulit untuk ditemukan ketika data tersebut diperlukan. Pengukuran tinggi dan berat badan yang masih menggunakan timbangan konvensional dioperasikan oleh petugas posyandu juga menjadikan acuan hasil pengukuran di setiap anak dapat berbeda.

Melalui Pengabdian kepada Masyarakat program Teknologi Tepat Guna ini diusulkan pembuatan alat pengukuran berat dan tinggi badan berbasis Arduino dan website. Data dari kedua parameter tersebut dapat ditampilkan pada halaman web yang dapat diakses oleh petugas dan orangtua peserta posyandu. Pengembangan alatnya telah berhasil direalisasi dan pengujiannya menunjukkan kesalahan 0.19% dan 0.88% dibandingkan dengan pengukuran alat-alat manual (mistar dan timbangan).

Pelatihan dan penyuluhan dengan Mitra Pengelola Posyandu Padasuka, Cimahi Tengah telah dilakukan pada tanggal 19 September 2020 dan dihadiri oleh beberapa tenaga pengelola Posyandu dan warga sekitar. Pelatihan berlangsung baik dan dilakukan pula serah terima peralatan agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

Downloads

Published

2021-10-27

Issue

Section

Articles