Implementasi Pembelajaran Literasi Melalui Guru Pintar Online pada Guru TK Manyaran Semarang

Authors

  • Enny Dwi Lestariningsih Universitas Terbuka Semarang
  • Testiana Deni Wijayatiningsih Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Eko Andy Purnomo Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Bambang Dalyono Univertsitas Terbuka Semarang
  • Eny Winaryati Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Priatin Universitas Muhammadiyah Semarang

Abstract

Implementasi literasi telah banyak digaungkan di dunia pendidikan bahkan akhir-akhir ini dengan tema Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dimana bertujuan untuk mencetak insan-insan yang memiliki pola berpikir kritis, logis, terampil, dan cerdas baik di bidang akademik maupun non akademik. Adapun permasalahan mitra adalah pembelajaran literasi yang selama ini hanya dilakukan dengan membacakan buku saja tanpa ada media stimulus lainnya Terbatasnya pengetahuan guru tentang penerapan dan kegunaan Guru Pintar Online (GPO)Universitas Terbuka guna menunjang literasi di dalam kehidupan sehari-hari dan belum adanya praktek literasi dengan menggunakan GPO. Terakhir, terbatasnya pengetahuan guru tentang penerapan dan kegunaan GPO guna menunjang literasi di dalam implementasi pembelajaran sehari-hari baik dimasa pandemi maupun sebelum masa pandemi terjadi. Selain itu, media literasi di era gawai ini bermacam-macam tetapi orang tua masih belum mengetahui dan mengenal dengan jelas apa itu jenis-jenisnya. Sedangkan metode pengabdian menggunakan metode ceramah, diskusi, webinar online, dan deskriptif kuantitatif melalui angket yang disebar kepada guru-guru TK/AUD.  Adapun hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah literasi dapat terstimulasi sejak dini melalui video yang didownload dari platform Guru Pintar Online (GPO). Kegiatan ini sangat menarik dan merangsang Anak Usia Dini lebih aktif belajar di setiap proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-01-07

Issue

Section

Articles