Pendampingan Peningkatan Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Badan Pengelola Pajak Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir

Authors

  • Leriza Desitama Anggraini Universitas Indo Global Mandiri
  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri
  • Faradillah Fadhillah Universitas Indo Global Mandiri
  • Lastri Widya Astuti Universitas Indo Global Mandiri
  • Imelda Saluza Universitas Indo Global Mandiri

Abstract

Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) merupakan unsur pelaksana urusan penunjang keuangan sub pengelolaan pajak daerah yang melayani pengelolaan penerimaan pajak dan retribusi daerah. BPPD melaksanakan tugas pembantuan dibidang pendapatan daerah. Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki potensi yang besar penerimaan pendapatan salah satunya melalui pajak dan retribusi daerah. BPPD OKI sebagai instansi pelayanan yang melayani masyarakat langsung harus memiliki sistem manajemen mutu yang memadai serta dapat diimplementasikan dengan baik guna meningkatkan pelayanan publik yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten OKI. Sistem manajemen mutu memiliki standar dalam implementasinya. Salah satu nya diatur dalam ISO.

Implementasi ISO 9001:2015 diharapkan menjadi salah satu cara peningkatan produktivitas. Guna meningkatkan kepercayaan dan jaminan kualitas pelayanan yang diberikan sehingga perlu peningkatan efisiensi proses, biaya, kepuasan konsumen. Pendampingan ini diberikan untuk memberikan pemahaman kepada pegawai beserta staff mengenai implementasi ISO 9001:2015 khususnya sistem manajemen mutu. Pentingnya sistem manajemen mutu dalam pelaksanaan pelayanan maupun non pelayanan pada BPPD dapat meningkatkan pendapatan badan maupun kabupaten.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles