Edukasi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UMKM Desa Lembak Kabupaten Muara Enim

Authors

  • Jainal Simanjuntak Universitas Indo Global Mandiri
  • Ressy Marlina Universitas Indo Global Mandiri
  • Afreicylia Shanshabilla Universitas Indo Global Mandiri
  • Elza Oktariani Universitas Indo Global Mandiri
  • Muthi’ah Putri Universitas Indo Global Mandiri
  • Fernando Josse Universitas Indo Global Mandiri
  • Leriza Desitama Anggraini Universitas Indo Global Mandiri
  • Mutiara Kemala Ratu Universitas Indo Global Mandiri
  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.32486/dikemas.v6i2.386

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kerupuk dan Kemplang di Desa Lembak adalah salah satu sumber mata pencarian yang di sediakan dan didukung di Desa Lembak sebagai tambahan penghasilan yang didukung oleh pemerintah. Metode pelaksanaan sosialisasi pemasaran kegiatan Bertujuan untuk mendampingi para pelaku UMKM secara langsung Untuk dapat mengetahui cara pemasaran online, karena Media online menjadi peran penting untuk menambah pendapatan untuk para pelaku UMKM Usaha Kerupuk dan Kemplang. Pendampingan dan pelatihan secara langsung kepada pelaku UMKM Kerupuk dan Kemplang agar mereka dapat mengerti apa fungsi dan kegunaan suatu merek dan kemasan yang kami ajarkan. Dengan pengubahan kemasan memang akan mempengaruhi harga dan volume produk, namun keuntungan yang didapat tentu jauh lebih bermanfaat, seperti ketahanan produk jauh lebih tahan lama, dan dengan adanya merek menjadi pembeda antara kerupuk dan kemplang yang lain dipasaran pada umumnya. Perlu untuk kedepannya supaya Pemerintah Memberi Edukasi bahkan tindakan contoh seperti peraturan untuk setiap Pelaku UMKM Kerupuk dan Kemplang di Desa Lembak menggunakan jenis Plastik yang baik, penggunaan merek, dan hal lain yang sifatnya baik untuk kemajuan UMKM Usaha Kerupuk dan Kemplang.

Downloads

Published

2022-11-01

Issue

Section

Articles