Optimalisasi Program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dalam membiasakan Budaya Membaca dan Menulis Sekolah Dasar

Dwi Agus Setiawan, Farida Nur Kumala

Abstract


 

Program kegiatan litersi dan budaya membaca dimitra SDN Karangsuko 02 tergolong sangat rendah hal ini terlihat pada jumlah kujung perpusatkaaan masih sangat minim setiap semesternya, buku penunjang kurang variatif, pojok baca di tiap kelas belum terlihat kaya akan teks sehingga kurang menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Adapun yang terjadi disekoah mitra yaitu SDN Karangsuko 02 yang memiliki permasalahan kurang minatnya siswa dalam membaca dan menulis, Sehingga minat dan motivasi dalam pembiasaan membaca dan menulis rendah. Solusi yang ditawarkan yaitu, Sosialisasi giat literasi, Membuat kelompok baca dan menulis sehingga dalam setiap minggu ada kegiatan portofolio secara mandiri dan kelompok, adanya, program membaca 15 menit dari berbagai macam referensi buku yang menarik bagi sisiwa, Perpustakaan GO CLAS, mendesain sarana inovasi membaca dan menulis dengan kaya akan teks, pojok baca sebagai tempat bacaan bagi sisiwa dalam belajar secara aktif dan kreatif. Metode dalam pengabdian ini action research yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, Tindakan ,evaluasi dan monitoring dan umpan balik/ refleksi. Hasil dalam kegiatan pengabdian ini yaitu menjadikan lingkungan sekolah sebagai pusat yang berbudaya literat bagi warganya melalui hasil karya peserta didik yang sistematis. Motivasi dan minat sisiwa menjadi meningkat, siswa gemar membaca dan menghasilkan prodak tulisan portofolio yang bisa di panjang di kelas


Full Text:

PDF

References


Bayham, M. 2002. Literacy Practices: Investigating Literacy in Social Contexts. New York: Longman Group.

Beers, dkk. (2009) dalam buku A Principal’s Guide to Literacy Instruction.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah

Cooper, J.D. 2005. Literacy: Helping Children Construct Meaning. Toronto: Hougton Miffin Company.

Gipayana Muhana, 2004. Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, Februari 2004, Jilid 11, Nomor 1. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 Tentang Penumbuhan Minat Baca Melalui Kegiatan 15 Menit Membaca.




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v5i1.488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats