Digital Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Jumlah Konsumen UMKM Putra Salman di Kabupaten Magelang

Dimas Sasongko, Agung Khairul Imam, Gadhi Dwi Prabowo, Arif Aryawan, Bagus Danar Dono, Alwan Badiq Purnomo

Abstract


Digital Marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Digital Marketing sangat diperlukan guna meningkatkan banyak sektor mulai dari micro hingga macro. Kendala yang dialami dari usaha UMKM Putra Salman antara lain kesulitan mengemas produk dalam menarik dan belum memanfaatkan Teknologi Informasi dalam promosi produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM Putra Salman tentang implementasi Digital Marketing untuk meningkatkan jumlah konsumen. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dalam waktu 3 (tiga) bulan terbagi dalam lima tahap yaitu: (1) tahap sosialisasi, (2) tahap pelatihan, (3) tahap pendampingan, (4) tahap monitoring evaluasi, dan (5) pelaporan. Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat adalah UMKM Putra Salman memiliki sosial media Instagram dan Facebook, selain itu pemilik UMKM Putra Salman memiliki kemmapuan mengelola media sosial dan memiliki pengetahuan tambahan tentang Digital Marketing.

Full Text:

PDF

References


Susena, E., & Ratnawati, A. Y. (2020). Manajemen Marketing Era Digital Bagi Pengrajin Mebel di Kecamatan Karangmalang, Sragen, Jawa Tengah Untuk Meningkatkan Penjualan. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1).

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2019). Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(2), 79–84.

Rubiyanti, R., Sri, T., & Wibowo, A. (2020). Strategi Kewirausahaan dan Digital Marketing Produk Teh Binahong di Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1).




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v5i1.518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats