Pendampingan Pembelajaran di Era Covid 19

Alifia Wahda Loka, Evi Roviati

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yang memberikan pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, sebagai pengembangan dan penerapan ilmu yang telah didapatkan dibangku kuliah. KKN merupakan bagian dari perkuliahan yang memiliki peran strategis dalam mengintegrasikan ranah pengabdian dengan pendidikan dan penelitian. Dikarenakan adanya pandemi virus corona (Covid-19) yang telah membawa perubahan besar dalam perilaku politik, sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan dan berbagai aspek lain dalam kehidupan “normal†kita sehari-hari, yang semestinya memberikan ruang yang cukup bagi mahasiswa untuk berinteraksi secara langsung dan belajar bersama dengan masyarakat, mengalami kendala terkait pelaksanaannya. Di sektor pendidikan, pola pembelajaran dengan tatap muka langsung di kelas, banyak yang terhenti karena adanya anjuran physical distancing sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Kegiatan KKN ini dilaksanakan karena melihat beberapa masalah yang ada di daerah ini, salah satu nya ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan sekolah karena mereka beranggapan bahwa pembelajaran daring sama halnya dengan libur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik PAR. Tujuan dari kegiatan ini yaitu melakukan pendampingan terhadap anak-anak SD dan juga mengetahui cara berfikir anak.

Kata kunci— Pendidikan dan Pendampingan pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Aida, N. R. (2020). Update Virus Corona di Dunia: 214.894 Orang Terinfeksi, 83.313 Sembuh, 8.732 Meninggal Dunia. Kompas. com. Diunduh dari https://www. kompas. com/tren/read/2020/03/19/081633265/update-virus-corona-di-dunia-214894-orang-terinfeksi-83313-sembuh-8732.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.

Suharjana, S. (2012). Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat Dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, (2), 122712.

Suherman, U. (2005). Bimbingan Belajar.




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v5i1.537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats