Pendampingan Penggunaan Aplikasi Bank Sampah Pada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM Bima) Kelurahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan

Dwi Krisbiantoro, Irfan Santiko, Riyanto Riyanto

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah selain untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi juga salah satu kewajiban membantu permasalahan yang ada ditengah masyarakat yaitu masalah sampah yang merupakan masalah hampir ditemui diberbagai kota di indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan oleh berbagai kalangan untuk menanggulangi sampah salah satunya dengan mendirikan Bank sampah secara swadaya masyarakat. Permasalahan yang timbul muncul jika jumlah nasabah sampah sudah cukup banyak tentu dibutuhkan penanganan yang serius agar pengelolaan data sampah dan nasabah dapat terkontrol dengan baik.

Melihat dari sisi ekonomi dan sosial dengan adanya bank sampah di tengah warga tentunya sangat membantu warga tetapi akan lebih baik lagi apabila manajemen bank sampah dikelola dengan memanfaatkan teknologi informasi saat ini, dalam hal ini adalah berupa aplikasi berbasis website dimana nantinya warga dapat melihat saldo sampah mereka secara real time dan petugas bank sampah dapat dengan mudah melakukan pelaporan dan pencatatan ke dalam sistem sehingga akan lebih cepat dan efisien dalam manajemen data sampah warga.

Pendampingan pengggunan aplikasi bank sampah berbasis web perlu dilakukan kepada petugas bank sampah KSM Bima dan masyarakat sekitar agar pengelolaan manajemen bank sampah dapat berjalan dengan baik secara administrasi dan transparan secara pelaporan hasil keuangan. Adapun kegiatan pendampingan dilakukan dengan cara ceramah, tutorial  dan praktik langsung ke masyarakat dan petugas bank sampah secara terjadwal dan berkesinambungan agar khususnya petugas bank sampah dapat memahami dan mengimplementasikan langsung aplikasi bank sampah berbasis web.

 

Kata kunci : Bank sampah, aplikasi, web


Full Text:

PDF

References


Sucipto, C. D. (2009). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah.

Kompas. (2016). Indonesia Darurat Sampah.

Chandra, D. B. (2005). Pengantar Kesehatan Lingkungan. In Egc.

Sulistyorini, L. (2005). Pengelolaan Sampah dengan Cara Menjadikannya Kompos. Jurnal Kesehatan Lingkungan Unair.

Almanda, D., Isyanto, H., & Samsinar, R. (2018). Perancangan Prototype Pemilah Sampah Organik Dan Anorganik Menggunakan Solar Panel 100 Wp Sebagai Sumber Energi Listrik Terbarukan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi.




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v5i1.581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats