Optimalisasi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Dongkal Karawang

Optimalisasi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Dongkal Karawang

Authors

  • Syamsul Huda huda Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Pamungkas universitas singaperbangsa karawang
  • Rizke universitas singaperbangsa karawang
  • Rani universitas singaperbangsa karawang
  • Danang universitas singaperbangsa karawang
  • Okabrian universitas singaperbangsa karawang

DOI:

https://doi.org/10.32486/dikemas.v8i1.598

Keywords:

UMKM, DESA DONGKAL, DIGITAL

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbentuk sosialisasi dan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan penjualan dan memajukan usahanya. Wilayah Jawa Barat yang memiliki potensi yang besar dalam sektor UMKM adalah Kabupaten Karawang. Kabupaten Karawang yang saat ini sebagai daerah kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara memungkinkan banyak para pendatang yang masuk ke Kabupaten Karawang. Banyaknya pendatang dan penduduk yang meningkat memungkinkan tingkat konsumen yang tinggi sehingga memberikan peluang bagi pelaku UMKM di Kabupaten Karawang untuk melakukan 4 jenis industri yaitu pangan, sandang, bahan bangunan dan kerajinan umum. Permasalahan yang dihadapi saat ini oleh para UMKM di Kabupaten Karawang, khususnya daerah Dongkal yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pengelolaan digital dalam mengoptimalkan UMKM desa. Target luaran yang dapat dilakukan adalah memberikan berbagai kegiatan yang mengarah pada perubahan paradigma dan efektivitas dari kegiatan Pemerintah Desa Dongkal dalam  penguatan bebrbasisi digital upaya meningkatkan UMKM. Kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan melibatkan berbagai pihak pada stakeholders setempat untuk memberikan dorongan sinergitas dalam penyelesaain persoalan yang dihadapi.

Kata Kunci: UMKM; Desa; Digital.

Downloads

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles