Pelatihan Pembuatan Masker Dari Kain Perca Untuk Membantu Meningkatkan Kreativitas Warga Desa

Moh Yaqin, Tony Yulianto, Kuzairi Kuzairi

Abstract


Pandemi Covid 19 merupakan masalah serius yang harus segera ditangani. Penggunaan masker merupakan salah satu upaya meminimalisir penularan virus antar manusia. Namun tingginya kebutuhan terhadap masker terutama masker medis menyebabkan kelangkaan dipasaran. Oleh karena itu dibutuhkan masker kain sebagai alternatif bagi masyarakat agar dapat digunakan sehari-hari ditengah aktivitas menghadapi krisis kesehatan yang terjadi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menstranfer keterampilan menjahit kepada masyarakat desa jarin sekaligus pembuatan masker dari bahan bekas. Metode pelaksanaan masyarakat yang telah dilaksanakan terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama yaitu sosialisasi pengelolaan limbah sampah dan persiapan pembuatan masker. Tahap kedua yaitu pendampingan dan pelatihan pembuatan masker. Dan yang terakhir yaitu tahap evaluasi. Harapan setelah pelaksanaan pengabdian ini terjadinya peningkatan kreatifitas warga desa sesuai dengan capacity building yang dimilikinya sehingga menjadi bagian yang tak terpisahkan antara dunia home education, serta ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Tingkat pemahaman masyarakat desa jarin 54% sudah banyak yang memahami, 31% sudah sangat paham, dan hanya 15% yang tidak paham.  Jadi peserta banyak yang mudah memahami pelatihan pembuatan masker dari kain perca dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Armiani , S., Fajri, S. R., Sukri, A., & Pidiawati, B. Y. (2020). Pelatihan Pembuatan Masker Sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 22-27.

Rosdiana, A., Yulistianti, H. D., & Laili, A. N. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Ape Pillow Doll Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini di Kuwasen Jepara. Journal of Dedicators Community, 2(1), 1-7.

Ukkas, I. (2018). Pengembangan SDM Berbasis Pelatihan Keterampilan Dan Pemberdayaan Pemuda. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 120-352.




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v5i1.609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats