The SOCIALIZATION OF BUSINESS BOOKING AND TRADEMARK REGISTRATION FOR SMEs IN KALIJATI VILLAGE, KARAWANG
SOSIALISASI PEMBUKUAN USAHA DAN PENDAFTARAN MEREK DAGANG BAGI PELAKU UMKM DI DESA KALIJATI KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.32486/dikemas.v8i1.661Keywords:
UMKM, Pencatatan Keuangan, Identitas MerekAbstract
Abstrak
Di desa Kalijati, Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) menghadapi tantangan terkait pembukuan bisnis dan pendaftaran merek dagang. Untuk mengatasi tantangan ini, sebuah layanan edukasi telah diusulkan yang berfokus pada pentingnya layanan hukum, menekankan pentingnya pembukuan keuangan yang efisien dan efektif dan pendaftaran merek dagang. Layanan ini akan disampaikan melalui metode ceramah, metode diskusi, dan metode dialog, yang memungkinkan untuk pemecahan masalah dan partisipasi. Survei pra dan pasca pelatihan akan dilakukan untuk mengukur tingkat partisipasi peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa pemahaman para peserta mengenai pembukuan keuangan dan pendaftaran merek dagang meningkat secara signifikan. Survei awal menunjukkan bahwa sekitar 70,3% peserta tidak memiliki pengetahuan atau informasi yang memadai di bidang ini. Namun, melalui pengabdian ini, sekitar 97,3% dari peserta meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana melakukan pembukuan bisnis, dan sekitar 91,9% meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana mengajukan permohonan merek dagang. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola catatan keuangan mereka dan melindungi identitas merek mereka.