Pengembangan Multiple Intelligence Sebagai Sarana Dalam Pembentukan Karakter Anak Pada Paguyuban Kader Kesehatan Desa Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun

Triana Prihatinta, Muhammad Taali, Dahris Shahab, Srimiatun Srimiatun, Tri Lestariningsih, Dara Ayu Ramadhania

Abstract


Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi oleh mitra dengan cara memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu paguyuban kader kesehatan tentang bagaimana pengembangan multiple intelligence dalam membentuk karakter anak. Sasaran dari PkM ini adalah ibu-ibu Paguyuban Kader Kesehatan yang beralamatkan di Desa Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Metode kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan sosialisasi dan pendampingan tentang bagaimana pengembangan kecerdasan ganda dalam membentuk karakter anak. Sehingga ibu-ibu kader kesehatan bisa mengetahui informasi tentang manfaat kecerdasan ganda dalam membentuk karakter anak dan dapat menerapkan di lingkungan masyarakat. Hasil dari PKM menunjukkan bahwa tumbuhnya pengetahuan dari mitra tentang cara menumbuhkan kecerdasan ganda pada anak-anak. Mitra juga dapat mengetahui dan menerapkan pentingnya pendidikan karakter usia dini untuk anak di lingkungan masyarakat Desa Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Full Text:

PDF

References


Gardner, H., 1983, Frames of Mind: The

Theory of Multiple Intelligences. New

York: Basic Books.

Guides, E., Gardner, H., Intelligences, M.,

Digest, E., York, N., & Books, B. (1989).

Multiple intellligence theory. Spark in

Education, Vol. 4, halaman:5–8.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.32486/jd.v5i1.769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats