Decision-Making Counseling for Further Studies for Grade XII Students of SMA Muhammadiyah 9 Sambirejo

Authors

  • Rino Desanto Wiwoho Politeknik Negeri Madiun
  • Farida Tri Hastuti Politeknik Negeri Madiun
  • Hendrick Hernando Politeknik Negeri Madiun
  • Niza Nurmalasari Politeknik Negeri Madiun
  • Hifzhan Frima Thousani Politeknik Negeri Madiun
  • Ina Syarifah Politeknik Negeri Madiun
  • Galuh Kusuma Wardani Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32486/dikemas.v8i2.863

Keywords:

studi lanjut, perguruan tinggi, pengambilan keputusan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang berupa pengetahuan dan sudut pandang kepada siswa mengenai keputusan untuk merencanakan masa depan, salah satunya dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi setelah menempuh pendidikan menengah atas, yaitu perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarkat ini adalah konseling atau bimbingan dengan pengisian kuesioner singkat dan diskusi terbuka oleh narasumber yang berasal dari Politeknik Negeri Madiun. Proses tersebut akan memudahkan siswa untuk leluasa bertanya kepada narasumber tentang berbagai hal yang berhubungan dengan studi lanjut. Keputusan untuk melanjutkan studi bukanlah keputusan yang mudah, untuk itu melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan siswa mendapatkan bimbingan guna memperoleh pemahaman yang memadai tentang berbagai kondisi karakteristik dirinya, baik tentang bakat, minat, cita-cita berbagai kekuatan serta kelemahan yang ada dalam dirinya. Sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 9 Sambirejo. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti oleh 23 siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 9 Sambirejo. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa diharapkan mampu merencanakan dan mengambil keputusan studi lanjut yang diinginkan setelah lulus sekolah menengah atas yang disesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan, dan kemauan yang dimiliki

Downloads

Published

2025-02-21

Issue

Section

Articles