PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP DI THE SUN HOTEL MADIUN

Authors

  • Muhammad Supriyanto
  • Muhammad Taali Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v2i2.458

Keywords:

Marketing Mix, Decision to stay

Abstract

The purpose of this study was to determine whether the Marketing Mix had a partial or simultaneous effect on Decision Making Stay at The Sun Hotel Madiun. The population in this study were guests who stayed at The Sun Hotel Madiun. he variable of this study is the Marketing Mix variable which consists of products, prices, places, promotions, people, physical evidence, and process. Research methods. The data analysis method used is multiple linear regression analysis and using the t test and F test.  Based on the results of multiple linear regression analysis, it was found that the Marketing Mix variable had a significant effect between the variables of Marketing Mix on Decision Making Stay at The Sun Hotel Madiun partially or simultaneously. By using the t test and the F test, it shows that the hypothesis is accepted and supports the previous research, and the estimated value of Adusted R Square is 0.942, which means 94.2 percent.

References

Ari Budi Sulistiono, 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap (Studi Pada Tamu Hotel Srondol Indah Semarang )

A.S.Parawansyah 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Di Hotel Tree Di Makassar

Dende Dewi Tresni Budiastuti dkk, 2016. Pengaruh Strategi Tarif Dan Promosi Hotel Terhadap Keputusan Menginap Wisatawan Nusantara Pada Hotel Melati Di Gili Trawangan

Devina, Priska & Andreani, Fransisca. (2006). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian di Susan Spa and Resort Bandungan. Jurnal Teknik Elektro. Maret. Vol. 6, No. 1, 108-120.

Dewi Kurniawati 2017, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Pada Hotel Syariah Arini Surakarta

Eva Desembrianita Ruslin, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya JOURNAL of RESEARCH in ECONOMICS and MANAGEMENT (Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen) Volume 16, No. 2, Juli – Desember (Semester II) 2016, Halaman 345-354

Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen:

Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan

Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi, Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta.

K, Nasar K. dan K, Manoj P. (2015). Purchase Decision for Apartements: A Closer Look Into The Major Influencing Factors. International Journal of Research In Applied Natural and Social Sciences. May. Vol. 3, No. 5 ISSN: 2347-4580.

Kartini, Widyarini F. 2014. Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Hotel Syariah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol.9, No.1 ISSN: 1907-9109.

Kotler, K.L. Keller. 2009, Marketing Manajemen, Jilid 1. Edisi Ketigabelas. Erlangga. Jakarta.

Kotler, & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Kuncoro, Mudrajad. 2001. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi (Edisi I). Yogjakarta: AMP YKPN

Lukasyanti, Dewi, 2006, “Pengaruh Kualitas

Pelayanan Terhadap Keputusan

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa.

Jakarta: Salemba Empat. Muanas, Arif., dkk. 2013.

Manajemen Pemasaran. Sleman: Asnalitera.

Lempoy, Christian N., dkk. 2015. Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder. Jurnal EMBA. Maret. Vol. 3, No. 1 ISSN: 2303-1174.

Lovelock, C., dan Wright, L. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Intermasa.

Noviana, Brigita I. (2013). Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Amaris Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan. Fakultas Bisnis. Vol 1. No 2.

Oesman, Yevis. (2010). Sukses Mengelola Marketing

Mix CRM Customer Value dan Customer

Dependency (Kasus pada Pemasaran Shopping

Center). Pekanbaru: Alfabeta, IKAPI.

Okta, Hafrizal A. P. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Prabayar XL di Kota Padang. Jornal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 3, No. 1 ISSN: 2086-5031.

Payne, A. 2008. Pemasaran Jasa (The Essence

of Service Marketing). Yogyakarta: CV. Andi

Offset.

Putra, Bimantara A. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pelanggan Yang Menggunakan Jasa Pengiriman di Kantor Pos Besar Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Januari. Vol. 1, No. 1.

Ratih Hardiyanti, 2010, "Analisis Pengaruh Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen

Menggunakan Jasa Penginapan (villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran".

Setiadi, N. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan

Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung: Prenada Media.

Sulastiyono, Agus, 2006. “Manajemen

Penyelenggaraan Hotel”. Bandung ; Alfabeta

Suyanto, 2006, “ Analisis Pengaruh Persepsi

Konsumen Tentang Kualitas Perbaikan, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel (Studi Kasus di Bengkel

AHASS 1013 Yang Berada di Jalan Raya Kaligarang No 52 Semarang).”

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Penerbit Andi Yogyakarta.

Swastha, Basu. 2007. Azas-Azas Marketing.

Yogyakarta: Penerbit Liberty Yogyakarta.

Tjiptono, Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2000.

Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku

Konsumen. Edisi Keenam. Jakarta Barat : BPFE

Published

28-10-2022

How to Cite

Muhammad Supriyanto, & Muhammad Taali. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP DI THE SUN HOTEL MADIUN. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v2i2.458

Issue

Section

Articles