PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP DI THE SUN HOTEL MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v2i2.458Keywords:
Marketing Mix, Decision to stayAbstract
The purpose of this study was to determine whether the Marketing Mix had a partial or simultaneous effect on Decision Making Stay at The Sun Hotel Madiun. The population in this study were guests who stayed at The Sun Hotel Madiun. he variable of this study is the Marketing Mix variable which consists of products, prices, places, promotions, people, physical evidence, and process. Research methods. The data analysis method used is multiple linear regression analysis and using the t test and F test. Based on the results of multiple linear regression analysis, it was found that the Marketing Mix variable had a significant effect between the variables of Marketing Mix on Decision Making Stay at The Sun Hotel Madiun partially or simultaneously. By using the t test and the F test, it shows that the hypothesis is accepted and supports the previous research, and the estimated value of Adusted R Square is 0.942, which means 94.2 percent.
References
Ari Budi Sulistiono, 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap (Studi Pada Tamu Hotel Srondol Indah Semarang )
A.S.Parawansyah 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Di Hotel Tree Di Makassar
Dende Dewi Tresni Budiastuti dkk, 2016. Pengaruh Strategi Tarif Dan Promosi Hotel Terhadap Keputusan Menginap Wisatawan Nusantara Pada Hotel Melati Di Gili Trawangan
Devina, Priska & Andreani, Fransisca. (2006). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian di Susan Spa and Resort Bandungan. Jurnal Teknik Elektro. Maret. Vol. 6, No. 1, 108-120.
Dewi Kurniawati 2017, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Pada Hotel Syariah Arini Surakarta
Eva Desembrianita Ruslin, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya JOURNAL of RESEARCH in ECONOMICS and MANAGEMENT (Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen) Volume 16, No. 2, Juli – Desember (Semester II) 2016, Halaman 345-354
Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen:
Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan
Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi, Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta.
K, Nasar K. dan K, Manoj P. (2015). Purchase Decision for Apartements: A Closer Look Into The Major Influencing Factors. International Journal of Research In Applied Natural and Social Sciences. May. Vol. 3, No. 5 ISSN: 2347-4580.
Kartini, Widyarini F. 2014. Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Hotel Syariah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol.9, No.1 ISSN: 1907-9109.
Kotler, K.L. Keller. 2009, Marketing Manajemen, Jilid 1. Edisi Ketigabelas. Erlangga. Jakarta.
Kotler, & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kuncoro, Mudrajad. 2001. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi (Edisi I). Yogjakarta: AMP YKPN
Lukasyanti, Dewi, 2006, “Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Keputusan
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa.
Jakarta: Salemba Empat. Muanas, Arif., dkk. 2013.
Manajemen Pemasaran. Sleman: Asnalitera.
Lempoy, Christian N., dkk. 2015. Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder. Jurnal EMBA. Maret. Vol. 3, No. 1 ISSN: 2303-1174.
Lovelock, C., dan Wright, L. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Intermasa.
Noviana, Brigita I. (2013). Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Amaris Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan. Fakultas Bisnis. Vol 1. No 2.
Oesman, Yevis. (2010). Sukses Mengelola Marketing
Mix CRM Customer Value dan Customer
Dependency (Kasus pada Pemasaran Shopping
Center). Pekanbaru: Alfabeta, IKAPI.
Okta, Hafrizal A. P. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Prabayar XL di Kota Padang. Jornal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 3, No. 1 ISSN: 2086-5031.
Payne, A. 2008. Pemasaran Jasa (The Essence
of Service Marketing). Yogyakarta: CV. Andi
Offset.
Putra, Bimantara A. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pelanggan Yang Menggunakan Jasa Pengiriman di Kantor Pos Besar Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Januari. Vol. 1, No. 1.
Ratih Hardiyanti, 2010, "Analisis Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen
Menggunakan Jasa Penginapan (villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran".
Setiadi, N. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan
Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung: Prenada Media.
Sulastiyono, Agus, 2006. “Manajemen
Penyelenggaraan Hotel”. Bandung ; Alfabeta
Suyanto, 2006, “ Analisis Pengaruh Persepsi
Konsumen Tentang Kualitas Perbaikan, Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel (Studi Kasus di Bengkel
AHASS 1013 Yang Berada di Jalan Raya Kaligarang No 52 Semarang).”
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Penerbit Andi Yogyakarta.
Swastha, Basu. 2007. Azas-Azas Marketing.
Yogyakarta: Penerbit Liberty Yogyakarta.
Tjiptono, Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2000.
Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku
Konsumen. Edisi Keenam. Jakarta Barat : BPFE