Deteksi Objek pada Prototipe Autonomous Car Menggunakan Sensor Fusion Kamera Mono dan Sensor Ultrasonik

Authors

  • Akhmad Ibnu Hija Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Katherin Indriawati Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Mohammad Harwin Prayoga Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keywords:

HC-SR04, autonomous car, kamera mono, sensor fusion

Abstract

Teknologi kendaraan berupa ADAS hingga autonomous car tidak dapat terlepas dari adanya sensor yang baik. Sensor yang baik sangat dibutuhkan untuk mengenali lingkungan sebagai fungsi alih dari indra manusia. Setiap sensor memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga untuk mendapatkan hasil yang baik, perlu mengekstraksi kelebihan setiap sensor untuk menutupi kelebihan yang lain, yang disebut sebagai sensor fusion. Sebagai sensor ukur jarak sensor ultrasonic HC-SR04 digunakan, dan untuk mendapatkan deteksi objek yang lebih baik sensor kamera mono IMX219-160, yang terpasang secara tertanam pada purwarupa autonomous car Jetson AI Car. Dengan mini-PC Jetson nano sebagai pemroses data dari kedua sensor untuk diterjemahkan menjadi pengenalan objek. Deteksi objek pada kamera menggunakan DNN Yolov4-tiny sebagai algoritma deteksi. Kemudian untuk menyamakan waktu pengukuran perlu mengatur time delay untuk sensor ultrasonik sebesar 7 detik. Hasil pengukuran kedua sensor menunjukkan hasil yang baik Penggabungan kedua sensor mampu berjalan dengan baik, baik dalam kondisi mendeteksi objek diam (statis) maupun bergerak (dinamis). Namun, terdapat penurunan akurasi ketika mendeteksi objek dinamis, dikarenakan sensor ultrasonik yang kurang baik untuk digunakan mendeteksi benda bergerak, serta distorsi kamera besar yang mempengaruhi hasil pengukuran. Maka penting untuk menelaah kembali device sensor yang digunakan, untuk mendapatkan sensor yang baik dalam mendeteksi lingkungan.

Author Biographies

Katherin Indriawati, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Katherin Indriawati
Program Studi Teknik Fisika
Institut Teknologi Sepuluh Nopember,
ITS
Surabaya, Indonesia
katherin@ep.its.ac.id

Mohammad Harwin Prayoga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Mohammad Harwin Prayoga
Program Studi Teknik Fisika
Institut Teknologi Sepuluh Nopember,
ITS
Surabaya, Indonesia
mohprayoga.17023@mhs.its.ac.id

References

A. D. Saputra , “Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dari Tahun 2007-2016,” Warta Penelitian Perhubungan , vol. 29, no. 2, pp. 179-189, 2017.

Z. Wang , Y. Wu dan Q. Niu , “Multi-sensor Fusion in Automated Driving: A Survey,” IEEE Access, no. 4, pp. 1-22, 2019.

P. Wei , L. Cagle , T. Reza , J. Ball dan J. Gafford , “LiDAR and Camera Detection Fusion in a Real-Time Industrial,” electonics , pp. 1-31, 2018.

T.-Y. Lim, A. Ansari, B. Major, D. Fintijne, M. Hamilton, R. Gowaikar dan S. Subramanian, “Radar and Camera Early Fusion for Vehicle Detection in Advance Driver Assistance Systems,” 33rd Conference on Neural Information Processing Systems (NeurIPS 2019), Vancouver , 2019.

Y. Zhang , C. Song dan D. Zhang, “Deep Learning-based Object Detection Improvement for Tomato Disease,” IEEE Access, pp. 1-8, 2020.

Z. Jiang, L. Zhao, S. Li dan Y. Jia, “Real-time Object Detection Method for Embedded Devices,” arXiv, pp. 1-11, 2020.

Cytron Technologies , Product User's Manual - HC-RS04 Ultrasonic Sensor, Johor: Cytron Technologies Sdn. Bhd. , 2013.

Reno, “HC-SR04 test r0,” Mei 2013. [Online]. Available:https://www.scribd.com/document/393553093/Hc-sr04-Tests-r0.

JEECAE Vol. 6, No. 2, 2021 - Front Cover

Published

2021-11-17

How to Cite

Hija, A. I., Indriawati, K. ., & Prayoga, M. H. . (2021). Deteksi Objek pada Prototipe Autonomous Car Menggunakan Sensor Fusion Kamera Mono dan Sensor Ultrasonik. JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering), 6(2), 41–46. Retrieved from https://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae/article/view/209