Sistem Kontrol Suhu Rem Hidrolik Pada Kendaraan Bermotor Dengan Metode Logika Fuzzy
DOI:
https://doi.org/10.32486/jeecae.v4i1.368Keywords:
Mikrokontroller, Arduino UNO, Logika Fuzzy, Rem HidrolikAbstract
Pada penelitian ini akan membahas tentang pembuatan sistem kendali suhu rem kendaraan berbasis mikrokontroler Arduino UNO. Proses pengendalian suhu tersebut menggunakan metode logika fuzzy. Logika fuzzy digunakan agar sistem dapat memetakan nilai suhu yang diterima dan menentukan nilai output sistem. Nilai output tersebut nantinya digunakan untuk menentukan seberapa besar daya yang diberikan oleh sistem untuk mendinginkan perangkat pengereman. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil pengujian langsung pada perangkat pengereman kendaraan. Untuk data pembanding digunakan alat berupa thermometer gun untuk mengukur suhu dan avometer untuk mengukur besar daya yang berikan sistem. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa sistem memiliki deviasi pengukuran suhu sebesar 19,3% dengan tingkat keberhasilan logika fuzzy pada sistem sebesar 86%.
References
Kepolisian Republik Indonesia, Polantas Dalam Angka 2013, Korps Lalu Lintas, 2013
Ketua Sub Komite, Data Investigasi Kecelakaan LLAJ, media release KNKT, 2016.
Dzikrullah, A. A., Qomaruddin, & Khabib, M, Analisa Gesekan Pengereman Hidrolis (Rem Cakram) dan Tromol Pada Kendaraan Roda Empat Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. SNATIF, 4, 2017.
Dewanto, J., & Wijaya, A. Sistem Pendingin Paksa Anti Panas Lebih (Over Heating) pada Rem Cakram (Disk Brake) Kendaraan. Jurnal Teknik Mesin, 2010.
Chamim Nazilah, A.N, Penggunaan Miccontroller Sebagai Pendeteksi Posisi dengan Menggunakan Sinyal GSM, Jurnal Informatika, 4, 2010.
Rusli, M. Dasar Perancangan Kendali Logika Fuzzy, Malang: UB Press. 2017
Sutarya, Dede, Analisis Untuk Kerja Thermocouple W3RE25 Pada Suhu Penyiteran 1500 oC, Jurnal ISSN, 2008.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.