Sistem Kontrol Suhu Rem Hidrolik Pada Kendaraan Bermotor Dengan Metode Logika Fuzzy

Authors

  • Fengki Faradila Universitas Muhammadiyah Malang
  • Diah Risqiwati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Zamah Sari Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.32486/jeecae.v4i1.368

Keywords:

Mikrokontroller, Arduino UNO, Logika Fuzzy, Rem Hidrolik

Abstract

Pada penelitian ini akan membahas tentang pembuatan sistem kendali suhu rem kendaraan berbasis mikrokontroler Arduino UNO. Proses pengendalian suhu tersebut menggunakan metode logika fuzzy. Logika fuzzy digunakan agar sistem dapat memetakan nilai suhu yang diterima dan menentukan nilai output sistem. Nilai output tersebut nantinya digunakan untuk menentukan seberapa besar daya yang diberikan oleh sistem untuk mendinginkan perangkat pengereman. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil pengujian langsung pada perangkat pengereman kendaraan. Untuk data pembanding digunakan alat berupa thermometer gun untuk mengukur suhu dan avometer untuk mengukur besar daya yang berikan sistem. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa sistem memiliki deviasi pengukuran suhu sebesar 19,3% dengan tingkat keberhasilan logika fuzzy pada sistem sebesar 86%.

References

Kepolisian Republik Indonesia, Polantas Dalam Angka 2013, Korps Lalu Lintas, 2013

Ketua Sub Komite, Data Investigasi Kecelakaan LLAJ, media release KNKT, 2016.

Dzikrullah, A. A., Qomaruddin, & Khabib, M, Analisa Gesekan Pengereman Hidrolis (Rem Cakram) dan Tromol Pada Kendaraan Roda Empat Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. SNATIF, 4, 2017.

Dewanto, J., & Wijaya, A. Sistem Pendingin Paksa Anti Panas Lebih (Over Heating) pada Rem Cakram (Disk Brake) Kendaraan. Jurnal Teknik Mesin, 2010.

Chamim Nazilah, A.N, Penggunaan Miccontroller Sebagai Pendeteksi Posisi dengan Menggunakan Sinyal GSM, Jurnal Informatika, 4, 2010.

Rusli, M. Dasar Perancangan Kendali Logika Fuzzy, Malang: UB Press. 2017

Sutarya, Dede, Analisis Untuk Kerja Thermocouple W3RE25 Pada Suhu Penyiteran 1500 oC, Jurnal ISSN, 2008.

Published

2022-08-01

How to Cite

Fengki Faradila, Diah Risqiwati, & Zamah Sari. (2022). Sistem Kontrol Suhu Rem Hidrolik Pada Kendaraan Bermotor Dengan Metode Logika Fuzzy. JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering), 4(1), 235–240. https://doi.org/10.32486/jeecae.v4i1.368