Analisa Balok Kantilever Dengan Beban Tidak Terbagi Merata

Authors

  • Musa Bondaris Palungan Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Disabella Dayera Universitas Kristen Papua
  • Marthinus Fatem Universitas Kristen Papua

Keywords:

defleksi, baja, tembaga, elastisitas, kantilever

Abstract

Pengujian defleksi penting dilakukan pada balok atau batang yang merupakan salah satu komponen konstruksi bangunan untuk mengetahui seberapa besar material tersebut mengalami deformasi atau sifat melengkungnya dimana memastikan bahwa suatu struktur solid dan dapat menangani beban seperti yang dirancang. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pengujian fenomena lendutan atau defleksi  pada balok kantilever dengan beban tidak terbagi merata pada dua jenis material yaitu baja dan tembaga. Dimensi balok kantilever yang digunakan  dengan panjang (L = 1m), lebar material (a) = 25 mm dan tebal material (h) = 10 mm menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan dilaboratorium Mekanika Terapan Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu untuk beban yang sama (24 N/m), perputaran sudut material baja lebih kecil dari perputaran sudut tembaga  karena elastisitas material baja baja (ESt = 200 GPa) lebih besar dari elastisitas tembaga (ECu = 90 GPa) dan untuk uji defleksi diperoleh bahwa untuk beban yang sama (24 N/m), defleksi atau lendutan material tembaga (5,23 mm) dan lebih besar dari defleksi atau lendutan material baja (2,35 mm) karena elestitsitas material tembaga (ECu = 90 GPa) lebih kecil dari elastisitas baja (ESt = 200 GPa).

References

O. A. Pala’biran, R. S. Windah, and R. E. Pandaleke, “Perhitungan Lendutan Balok Taper Kantilever Dengan Menggunakan Sap2000,” J. Sipil Statik, vol. 7, no. 8, 2019.

S. Basori,Syafrizal, “Analisis Defleksi Batang Lenturmenggunakan Tumpuan Jepit Dan Rolpada Material Aluminium 6063 Profil U Dengan Beban Terdistribusi,” J. konversi energi dan manufaktur unj, vol. 2, no. 1, pp. 50–58, 2015, doi: 10.21009/jkem.2.1.8.

N. Yusuf, H. Hariadi, and A. S. A. Tawar, “PERBANDINGAN EKSPERIMEN DEFLEKSI BATANG KANTILEVER BERPROFIL STRIP TERHADAP PERSAMAAN TEORITIS UNTUK BAHAN Fe DAN Al,” Rang Tek. J., vol. 3, no. 1, pp. 89–93, 2020.

A. Purnomo, “Karakterisrik Mekanik Proses Hardening Baja Aisi 1045 Media Quenching Untuk Aplikasi Sprochet Rantai,” J. Energi Dan Manufaktur, 2011.

W. C. Vis and K. Gideon, “Dasar-dasar Perencanaan Beton Bertulang Jilid I,” Erlangga, Jakarta, 1994.

D. L. Schodek, D. Subagdja, and B. Suryoatmono, Struktur. Erlangga, 1999.

D. K. Amin, “Perhitungan Beban Aksial Kritis Pada Kolom Baja Dalam Sebuah Struktur Portal Baja,” J. Tek. Sipil USU, vol. 3, no. 1, 2014.

Published

2021-11-30

How to Cite

Musa Bondaris Palungan, Disabella Dayera, & Marthinus Fatem. (2021). Analisa Balok Kantilever Dengan Beban Tidak Terbagi Merata. JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering), 6(2), 51–55. Retrieved from https://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae/article/view/434