RANCANG BANGUN VERTICAL AXIS WIND TURBINE PORTABEL TIPE DARIUS EGGBEATER

Authors

  • Aldanur Istianingrum Ramadhani Politeknik Negeri Madiun
  • Basuki Winarno Politeknik Negeri Madiun
  • Hanifah Nur Kumala Ningrum Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32486/jeecae.v6i1.618

Keywords:

Turbin Angin Darius Eggbeater, Beda Sudut, Step up

Abstract

Energi listrik merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang sangat penting untuk kelangsungan hidup. Hampir seluruh peralatan yang digunakan oleh manusia tidak akan bekerja apabila tidak terhubung ke energi listrik. Apalagi pada daerah bencana alam yang signifikan sangat dibutuhkan aliran listrik untuk para korban untuk proses evakuasi dan kegiatan lainnya. Dengan melihat keadaan yang seperti itu maka dirancang tugas akhir dengan memanfaatkan angin diimpelementasikan sebagai turbin angin bersumbu vertikal. Turbin angin dibuat portabel dengan tipe darius eggbeater sebagai pembangkit listriknya menggunakan generator dc, modul step up sebagai penaik tegangan, dan beban lampu LED. Pembuatan turbin dimulai dengan perhitungan, perencanaan, pendesainan dan pengujian alat. Hasil dari pengujian turbin angin dengan bilah berjumlah 3 dengan melakukan perbandingan perbedaan sudut 0o, 45o dan 90o tanpa step up dan dengan menggunakan step up. Turbin angin darius eggbeater dengan sudut 0o dengan menggunakan step up menunjukkan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan sudut turbin angin 45o dan 90o. Kecepatan angin 5 m/s, kecepatan putaran 120,9 rpm dengan tegangan 1,095 Volt dan Arus 0,07 A

References

Ismail Nakhoda,Yusuf dan Chorul Saleh.”Rancang Bangun Kincir Angin Sumbu Vertikal Pembangkit Listrik Portabel".2015.Teknik Elektro.Institut Teknologi Nasional Malang

Muhamad Amsor, Rizki dan Iskandar R. “Performasi Turbin Angin Poros Vertikal Tipe Savonius 2 Tingkat Untuk Pengisian Bterai Sebagai Penerangan lamou Perahu Nelayan Kota Padang”. 2017. Jurusan Teknik Mesin. Fakiltas Teknik. Universitas Andalas. Padang.

Prasetiyo, Budhi, M. Adhi Fatwa Ramadhan dan Martinus Dimas Rusdianto. “Alat Pengisi Baterai Ponsel Tenaga Angin”. 2017. Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang.

Sharma,Ritesh dan Prof. Brijesh Patel. “Design and Simulation of Darrieus (Eggbeater) Type Vertical Axis Wind Turbine using Open Source Sofware Q Blade”. 2015. School of Engg. And IT, MATS University. Raipur. Chhatisgarh. India.

Bachtiar, Shomad. “Perancangan Dan Pembuatan Bilah Tipe Inverse Taper Menggunakan Airfoil NACA 4412 Pada Turbine Angin Sumbu Horizontal”. 2018. Politeknik Negeri Madiun.

Lestariningtiyas, Dwi. “Rancang Bangun Portable Wind Turbine Dengan Blade Jenis Inverse Taper”. 2019. Politeknik Negeri Madiun.

Lentera Angin Nusantara, “Pengenalan Teknologi Pemanfaatan Energi Angin”. Lan, Tasikmalaya, 2014.

Zahra N, Inayah,“Dasar-Dasar Perancangan Bilah”,Lentera Bumi Nusantara,2016

Pamuji, Harry, Septian, Ida Bagus Alit dan Nurchayant. “Uji performance Turbin Angin Poros Vertikal Tipe Savonius Bertingakt Dengan Variasi Posisi Sudut”. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Mataram.

Ismail, Erlanda Pane dan Triyanti. “Optimasi Perancangan Turbin Angin vertikal Tipe Darrieus Untuk Penerangan Di Jalan Tol”. 2017. Fakulas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Published

2023-03-29

How to Cite

Ramadhani, A. I., Winarno, B., & Ningrum, H. N. K. (2023). RANCANG BANGUN VERTICAL AXIS WIND TURBINE PORTABEL TIPE DARIUS EGGBEATER . JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering), 6(1), 8–16. https://doi.org/10.32486/jeecae.v6i1.618