Analisis Stabilitas Termal Komposit Serat Ampas Tebu Matriks Polyester Dengan Pengujian Thermogravimetric Analysis

Authors

  • Idris Kris Shandy Politeknik Negeri Madiun
  • Noorsakti Wahyudi Politeknik Negeri Madiun
  • Kholis Nur Faizin Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32486/jeecae.v9i1.730

Keywords:

komposit, Polyester, serat ampas tebu, TGA, vacuum infusion

Abstract

Komposit merupakan salah satu jenis material baru yang terbentuk dari dua kombinasi material, yaitu serat dan matriks. Komposit dapat digunakan menjadi alternatif pengganti material seperti plastik, karena memiliki konstruksi yang ringan, kuat, tidak terpengaruh oleh korosi, dan dapat diuraikan secara alami sehingga komposit dapat menjadi salah satu material baru yang layak untuk dikembangkan. Dalam penelitian ini, akan dilakukan eksplorasi terhadap komposit yang terdiri dari serat alam ampas tebu dan matriks resin polyester. Spesimen komposit dibuat menggunakan metode vacuum infusion dengan variasi fraksi volume serat 25%, 40%, dan 50% yang bertujuan untuk mengetahui perubahan massa dan temperatur leleh dari spesimen komposit melalui pengujian Thermogravimetric Analysis (TGA). Hasil dari pengujian TGA menyatakan bahwa variasi (40:60) menjadi komposisi terbaik berdasarkan temperatur awal terdegradasi, yakni sebesar 369,41°C dan menghasilkan 9,8006% residu

References

M. Sulaiman And M. Hudan Rahmat, “Kajian Potensi Pengembangan Material Komposit Polimer Dengan Serat Alam Untuk Produk Otomotif,” 2018.

R. Wirawan, R. Dody Pasaribu, D. Permatasari, And H. Hadi Sutrisno, “Stabilitas Termal Komposit Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) Dengan Matriks Hdpe”.

L. N. Syamsu, “Pengaruh Serat Kaca Kontinu Terhadap Kekuatan Tarik Dan Sifat Thermal Komposit Polyester/Serat Kaca,” 2015.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Shandy, I. K., Wahyudi, N., & Faizin, K. N. (2024). Analisis Stabilitas Termal Komposit Serat Ampas Tebu Matriks Polyester Dengan Pengujian Thermogravimetric Analysis. JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering), 9(1), 9–11. https://doi.org/10.32486/jeecae.v9i1.730

Issue

Section

Articles