Studi Eksperimen Modifikasi Kepala dan Katup Silinder pada Kendaraan Urban Diesel

Noorsakti Wahyudi, Kholis Nur Faizin, Roy Danang Saputro

Abstract


Telah dilakukan penelitan yang bertujuan untuk mengetahui cara memodifikasi kepala silinder dan katup silinder terhadap proses pembakaran dan pengaruh mesin yang dimodifikasi pada mesin diesel terhadap kecepatan kendaraan dan  konsumsi bahan bakar solar.  Dengan memodifikasi pada bagian katup dan kepala silinder akan diperoleh performa mesin meningkat. Metode modifikasi yang dilakukan yaitu dengan cara meratakan katup pada kepala silinder penulis akan melebarkan lubang tumpuan katup sehingga akan rata dan tumpuan katup lebih rapat pada kepala silinder, selain rapat kompresi pada mesin diesel akan lebih bagus dan efisien  berdasarkan hasil dan pembahasan tentang modifikasi kepala silinder dan katup dapat disimpulkan bahwa hasil modifikasi pemotongan 0,3mm pada kepala silinder. Hasil pengujian kecepatan dan penurunan bahan bakar pada modifikasi kepala silinder dan katup menunjukkan pada pengujian penurunan bahan bakar menunjukkan 3% pada  beban pengemudi 50 kg dengan jarak 500 m, 5,5% pada beban pengemudi 55 kg dengan jarak 500 m, 6% dengan beban pengemudi 60kg dengan jarak 500 m. Hasil pengujian kecepatan dengan laju kendaraan 30 km/jam dan menempuh jarak 500 m dengan beban pengemudi 50 kg mencapai waktu tempuh 01:06:71 detik, pada beban pengemudi 55 kg waktu jarak tempuh 500 m mencapai waktu tempuh 01:07:48 detik, dan dengan beban 60 kg dapat menempuh jarak 500 m mencapai waktu tempuh 01:08:21 detik.


References


Achmad Kuasairi Samlawi, 2018. Motor Bakar (Teori Dasar Motor

Diesel) : Universitas Lambung Mangkurat. (8-9)

Basyirun, dkk, 2008. Mesin Konversi Energi, Semarang : Universitas

Negeri Semarang. (12)

Borman dan Ragland, 1998. Combustion Engineering, Mv Graw Hill

Publishing Co, New York

Harfit, Achmad Risa. 2009. Elemen Mesin I. Jakarta : Fakultas

Teknologi Industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Gunadarma.

Jhon B, Heywood. 1998. Internal Combustion Engine Fundamentals.

New york : Mc Graw Hill Book Company

Jalius Jama. Wagino, 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid ke-1.

Jakarta:Depdiknas. (60)

Nursuhud, Djati dan Pudjasarna, Astu. 2013. Mesin Konversi Energi

Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Sularso, Kiyokatsu Suga. 1997. Dasar Perencanaan dan

Pemeliharaan Elemen Mesin – Cetakan 9. Jakarta : PT Pradnya

Paramita, Jalan Bunga 8-8A 13140.

Sutantra, I Nyoman, 2010. Teknologi Otomotif Edisi Kedua. Institut

Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia

Yoshia, Fajardo. 2012. Analisa Pengaruh Perubahan Tinggi Bukaan

Katup Terhadap Kinerja Motor Bakar Otto. Jakarta: Universitas

Indonesia




DOI: https://doi.org/10.32486/jeecae.v6i1.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 COPYRIGHT is based on (CC-SA) CREATIVE COMMONS Licenses ShareAlike