Pengaruh Variasi Fraksi Volume Komposit Serat Rambut Manusia Dan Dedak Padi Dengan Matriks Polyester Terhadap Sifat Mekanik
Keywords:
Komposit, Serat Rambut Manusia, Dedak Padi, Polyester, Sifat MekanisAbstract
Komposite alam (Natural Composite) saat ini terus dikembangkan sebagai bahan komposit sintetis. Keunggulan dari serat alam ini sebagai penyusun komposit adalah memiliki berat yang relatif ringan, kekuatan yang relatif cukup tinggi, dapat diolah secara alami dan ramah lingkungan. Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah dilakukan maka banyaknya serat yang digunakan pada tiap specimen mempengaruhi nilai kekuatan Tarik dan kekuatan Impack. Dari variasi fraksi volume yang digunakan pada komposit serat rambut manusia di dapatkan nilai kekuatan Tarik tertinggi sebesar 27,7 pada variasi fraksi volume 25:5, dan nilai kekuatan Tarik terendah sebesar 23,6 . Untuk uji impak didapatkan nilai impak tertinggi sebesar 0,00597 pada variasi fraksi volume 25:5, dan nilai terendah sebesar 0,00482 .
References
Aditya, R. (2022). Pengaruh Variasi Arah Serat dan Fraksi Volume Serat Pandan Duri Terhadap Kekuatan Tarik dan Impak Sebagai Material Alternatif Helm SNI (Doctoral dissertation, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung).
Anwar, M., Santoso, D. T., & Anjani, R. D. (2021). Analisis Sifat Mekanik pada Komposit dari Campuran Serat Limbah Rambut Manusia dan Sabut Kelapa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 494-499.
Susilowati, S. E. (2017). Studi Perlakuan Alkali Terhadap Sifat Mekanik Bahan Komposit Berpenguat Sekam Padi. Jurnal Kajian Teknik Mesin, 2(1), 67-80.
D. E. A. Suwanto, PENGARUH VARIAN FRAKSI VOLUME SERAT RESAM DAN SERBUK KAYU SERUK/ MEDANG GATAL TERHADAP UJI TARIK DAN UJI IMPACT KOMPOSIT, BANGKA BELITUNG: POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANGKA BELITUNG, 2022.
Wardhani, D. K. (2015).Pengaruh Rasio Resin dan Hardener Terhadap Sifat Mekanik Matrik Bahan Komposit Serat Rambut Manusia. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya, Inddonesia. ISSN, 2548-8112
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.